TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Ketua DPRD Sinjai Apresiasi Launching Aplikasi "Ta Sikola Si dan E-pelayan Asik"

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  -   Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, mendampingi Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah melaunching Aplikasi Tata Sistem Informasi Kelola Anak Sekolah Sinjai atau disingkat 'Ta Sikola Si' dan Elektronik Pelayanan Administrasi Surat Izin Keluar atau E-pelayan Asik.


Kedua aplikasi unggulan Disdik Sinjai ini dilaunching pada acara Ramah Tamah Pekan Aksi Rayakan Merdeka Belajar dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 di Gedung Pertemuan Sinjai, Rabu (6/12) malam.


Menurut Jamaluddin, kedua aplikasi ini menjadi jawaban dari segala persoalan yang timbul. Bahkan menjadi solusi dalam hal pelayanan administrasi bagi para guru dan kepala sekolah.


"Tentu saya mengapresiasi apa yang dilakukan Disdik Sinjai. Semoga aplikasi ini betul-betul dimaksimalkan untuk menekan angka putus sekolah dan pelayanan yang berbelit-belit," pungkasnya.


Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai Irwan Suaib mengatakan, aplikasi Ta Sikola Si akan mendata seluruh anak putus sekolah di Kabupaten Sinjai. Selain itu aplikasi tersebut juga akan mendata warga Sinjai yang tidak tamat sekolah atau belum mempunyai ijazah sekolah.


Hal ini sejalan dengan program Sinjai Bebas Paket A yang merupakan salah satu program Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah sehingga sehingga semua masyarakat yang belum punya ijazah bisa memiliki ijazah.


"Aplikasi ini akan mendata semua anak-anak yang putus sekolah ataupun masyarakat kita yang tidak pernah menikmati bangku pendidikan sehingga tahun 2024 Kabupaten Sinjai bebas buta aksara," ujarnya.


Dikatakan aplikasi Ta Sikola Si segera dimaksimalkan untuk mendata seluruh warga dan anak yang putus sekolah dengan melibatkan tenaga guru sukarela di setiap dusun yang ada di Kabupaten Sinjai.


Pendataan dengan aplikasi Ta Sikola Si, ini diharapkan menjadi data base untuk jenjang wajib belajar dan data anak putus sekolah secara update.


"Kami meminta bantuan kepada guru-guru sukarela yang kami bagi satu orang per dusun untuk mendata sehingga kita memiliki data base karena terus terang kita belum memiliki data base By Name By address secara update sehingga kedepan kita mendapatkan solusi yang efektif untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah," sambungnya.


Sementara untuk aplikasi E-pelayan Asik kata dia merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi kepala sekolah dan guru dalam memudahkan pelayanan administrasi izin keluar. 


Para kepala sekolah dan guru tidak perlu lagi datang ke Disdik Sinjai hanya untuk mendapatkan persetujuan dan tanda tangan izin keluar dari Kepala Dinas (Kadis).


"Kami mencoba untuk membuat aplikasi ini untuk teman-teman guru yang ada di sekolah masing-masing yang terkadang harus datang ke dinas pendidikan hanya untuk meminta izin keluar seperti untuk urusan keluarga dan sebagainya. Nah dengan aplikasi ini teman-teman tidak perlu lagi ke kantor, cukup minta izin melalui aplikasi maka kami akan mengeluarkan izin tertulis dengan sistem tanda tangan elektronik," jelasnya. (*)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0