TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Lepas Qari dan Qariah Wakil Sinjai di Ajang MTQ Sulsel

 

INSTINGJURNALIS.COM - Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa, melepas keberangkatan kafilah atau rombongan kontingen Kabupaten Sinjai untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 33 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024 yang dipusatkan di Kabupaten Takalar, Selasa (30/4/2024) siang.


Pelepasan Kafilah Kabupaten Sinjai berlangsung di pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, ditandai dengan penyerahan pataka Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) kepada Ketua Kafilah Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf.


A. Irwansyahrani Yusuf mengatakan, total Qari dan Qariah yang diutus untuk mengikuti MTQ tingkat Sulsel di Kabupaten Takalar adalah sebanyak 51 orang. Mereka akan mengikuti 8 cabang lomba yang akan dipertandingkan, diantaranya tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa dan tunanetra. 


Kemudian qiraat golongan murattal dan mujawwad, hifdzil qur'an, tafsir qur'an 3 bahasa, Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), Musabaqah Fahmil Qur'an (MFQ), kaligrafi, serta Karya Tulis Imiah Qur'an (KTIQ).


"Peserta kita 51 Qari dan Qariah ditambah 10 ofisial yang akan mendampingi anak-anak kita berkompetisi di MTQ Sulsel," ujarnya.


Menurut Irwansyahrani, Kafilah MTQ Kabupaten Sinjai bakal berada di Kabupaten Takalar hingga Kamis, 9 Mei 2024 mendatang. "MTQ akan berlangsung dari tanggal 2 - 8 Mei mendatang. Dan, rombongan akan kembali ke Sinjai pada 9 Mei pagi," jelasnya.


Sebelum melepas rombongan, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, menyampaikan beberapa pesan penting kepada Kafilah MTQ Kabupaten Sinjai, mulai mengingatkan untuk menjaga nama baik daerah, mulai pada saat pemberangkatan sampai mengikuti seluruh rangkaian MTQ, dan kembali ke Bumi Panrita Kitta' julukan daerah Kabupaten Sinjai.


Tak hanya itu, Sekda Sinjai juga mengingatkan kepada para pembina dan ofisial agar betul-betul melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing sehingga harapan untuk memperoleh hasil yang maksimal dapat tercapai.


Selain itu, Sekda Sinjai mengharapkan kepada Qari dan Qariah untuk mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental. Termasuk mematuhi semula anjuran para pembina dan ofisial.


"Yang tak kalah penting adalah seluruh kontingen baik pembina, ofisial dan peserta MTQ tetap membina dan memelihara persatuan dan kebersamaan selama berada di Kabupaten Takalar. Semoga kita memperoleh hasil yang memuaskan," jelasnya.


Turut hadir perwakilan Kepala Kemenag Sinjai, Kabag Kesra Setdakab Sinjai, Hj. Kamriah Yusuf, Camat Sinjai Utara, Agus Salam, serta dihari pembina dan ofisial Kafilah MTQ Kabupaten Sinjai. (*)


Editor   : SATRIA INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0