TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Perangkat Daerah Jalani Pembinaan Statistik Sektoral BPS Sinjai

 

INSTINGJURNALIS.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai kembali menggelar coaching pembinaan statistik sektoral di kantornya yang beralamat di Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (23/04) pagi.


Untuk kali ini, ada 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dihadirkan dalam pembinaan statistik sektoral, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perikanan (Diskan) Sinjai.


Melalui kesempatan ini, Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin, menjelaskan, pertemuan tersebut selain sebagai sarana pembinaan statistik sektoral, juga dilakukan evaluasi perkembangan Indeks Pembangunan Statistik (IPS)


"Hari ini kami di BPS mengadakan pertemuan dalam rangka evaluasi terkait dengan tindak lanjut data sektoral yang ada di Kabupaten Sinjai," ujarnya.


Lebih lanjut dijelaskan Arif, pembinaan statistik sektoral merupakan tanggung jawab BPS yang harus dilakukan untuk memberikan pembinaan dan pemahaman kepada OPD terkait tentang perstatistikan secara nasional. Kemudian sekaitan dengan IPS, pihaknya sudah melakukan perhitungan selama 2 tahun terakhir.


"Alhamdulilah pada kesempatan ini kita melakukan evaluasi sejauh mana perkembangan IPS yang dilihat dari OPD yang menjadi lokus IPS. Ini kami melakukan monitoring terkait perkembangan IPS di Dinas Kesehatan dan Dinas Perikanan. Alhamdulillah perkembangannya cukup positif dan beberapa diantaranya memenuhi target kami," jelasnya.


Seperti diketahui, BPS saat ini fokus dalam sektor statistik sektoral. Statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.


Selain menghadirkan Dinkes dan Dinas Perikanan, BPS juga melibatkan instansi dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai mitra dalam pembinaan statistik sektoral. (*)


Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0