Lihat Videonya, Puskesmas Pulau Sembilan Jemput Bola Periksa Kesehatan Warga

08 August 2019 | 13:58 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.com - Di Indonesia, fungsi puskesmas adalah memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

Puskemas juga termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama, yang artinya puskesmas merupakan fasilitas di barisan terdepan dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat.

Di Kabupaten Sinjai misalnya, para puskesmas terus berinovasi dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan jembut bola.

Seperti halnya yang dilakukan Puskesmas Pulau Sembilan. Melalui Himpunan Tenaga Sukarela Kesehatan (Himteskes) dengan meluncurkan program Pelayanan Integratif Upaya Kesehatan Masyarakat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Mereka mendatangi rumah-rumah dengan mengajak masyarakat untuk memeriksa kesehatan.

Pengelola lansia Himteskes Pulau Sembilan, Nur Amalia menuturkan, kegiatan yang dilakukan itu yakni pelayanan Puskesmas Keliling (Puskel) integrasi semua program.

"Khusus hari ini yang kita panggil untuk kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) integrasi Lansia," ucap Nur Amalia.

Ia mengatakan, kegiatan itu adalah pemeriksaan kesehatan dengan sistem jemput bola.


Loading...
"Skrining kesehatan dan deteksi dini penyakit itu sangat penting dilakukan karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami harapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat," imbuh Nur Amalia. (Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI