TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Gelar Seminar Antara RTRW

Pemkab Sinjai Gelar Seminar Antara RTRW

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Seminar antara tentang Revisi RTRW di ruang rapat Kantor  Bappeda, Kamis (3/10/2019).

Asisten Ekonomi Pembangunan, dr Hj Nikmat Baddare Situru yang turut hadir pada Seminar tersebut mengatakan tujuan dari pertemuan ini adalah bagaimana  mensingkronisasikan isi dari Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai tahun 2019 tentang rencana tata ruang wilayahnya.

"Tujuannya untuk mewujudkan tatanan ruang yang asri,  produktif dan berkeadilan melalui optimalisasi sumber daya alam secara berkelanjutan serta di dukung kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk memberikan informasi dan klarifikasi berbagai hal terkait dengan revisi RTRW Kabupaten Sinjai.

"Kita juga berharap adanya informasi berbagai ketentuan teknis yang menjadi acuan di dalam mendayagunakan rencana tata ruang di Kabupaten Sinjai serta meningkatnya pengetahuan mengenai penataan ruang baik kepada aparatur daerah serta seluruh stakeholders dalam penerapan rencana tata ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang sesuai visi misi Pemkab Sinjai yang berkelanjutan dengan berorientasi pada pengembangan agro industri dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan," paparnya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Pusat Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Universitas Bosowa Makassar.

Dr. Ir Syafri, dari Universitas Bosowa menyampaikan isu pembangunan berkelanjutan prioritas yang di rumuskan merupakan akar masalah dalam perencanaan pembangunan kewilayahan di Sinjai. Inilah yang kemudian akan di gali sebagai bahan pertimbangan tujuan pengembangan wilayah.

"Apalagi saat ini kegiatan yang menjadi motor pertumbuhan perkotaan di Sinjai adalah kegiatan perkantoran,  pariwisata,  perdagangan dan jasa. Namun demikian secara umum seluruh kegiatan masih berorientasi spesial ke kawasan di pusat kota, " jelasnya.

Turut hadir dalam seminar tersebut diantaranya, ketua DPRD Sinjai,  Abd Haris Umar,  Dandim 1424, Letkol Inf. Oo Syahrojat,  Asisten I, Dr Mukhlis Isma, para kepala OPD dan para camat se Kabupaten Sinjai. (ads)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.