Warga Keluhkan Air Asin, Begini Kata Dirut PDAM Sinjai

10/03/2019 | 15:59 WIB

Bagikan:
Warga Keluhkan Air Asin, Begini Kata Dirut PDAM Sinjai
PDAM Sinjai saat membuat bendungan sementara di sekitar instalasi, Kamis (3/10)

INSTINGJURNALIS.com - Keluhan terhadap air asin yang didistribusikan oleh Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) Kabupaten Sinjai kembali dirasakan oleh warga di Bumi Panrita Kitta.

Seperti dirasakan warga Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Wahyuni. Dia mengeluhkan air dari PDAM yang mengalir di rumahnya terasa payau bahkan cenderung ke asin.

Wahyuni, yang bermukiman di BTN Lappa Mas V mengatakan, air PDAM yang mengairi rumahnya itu terasa asin sejak beberapa hari.

Karena asin, kata dia, air PDAM tersebut tidak bisa digunakan untuk memasak.

"Sudah beberapa hari ini kami nikmati air PDAM terasa asin. Semoga petugas PDAM Sinjai segera membenahi masalah itu," kata Wahyuni, Kamis (3/10/2019).

Musababnya, sejumlah warga terpaksa membeli ari galon untuk digunakan memasak.

Menangggapi hal itu, Direktur PDAM Sinjai, Suratman mengungkapkan, penyebab utama adalah karena tingginya volume air laut ketika terjadi air laut pasang pada Pukul 12.00 hingga pukul 14.00.

"Air tawar disungai tangka mengalami pendangkalan, volume airnya rendah dikuasai oleh air laut masuk ke instalasi pompa produksi air baku PDAM, sehingga air asin sampai ke pelanggan," ungkapnya saat dikonfirmasi.

Ditanya soal bahaya air asin itu jika di konsumsi masyarakat. Suratman menuturkan, hingga saat ini belum ada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan akibat air asin.

"Setiap tahun terjadi hal serupa seperti ini dinda. Alhamdulillah belum ada juga masyarakat yang terganggu kesehatannya. Mudahan-mudahan segera diatasi air asin masuk dilokasi PDAM," tandasnya. (Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI