Ikuti Orientasi, 30 Anggota DPRD Sinjai Diingatkan Soal Fungsi Dewan

12/02/2019 | 12:43 WIB

Bagikan:
Ikuti Orientasi, 30 Anggota DPRD Sinjai Diingatkan Soal Fungsi Dewan

INSTINGJURNALIS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai menggelar orientasi bagi anggota DPRD Sinjai hasil Pileg 2019.

Orientasi yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar hingga 6 Desember 2019 resmi di buka oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Senin, (2/12/2019).

Pelaksana tugas (Plt) Sekwan DPRD Sinjai, Lukman Mannan, menjelaskan orientasi tugas yang sifatnya pengenalan, dilaksanakan hanya satu kali dalam satu periode yang berarti lima tahun. Kemudian, ada bentuk pendalaman tugas lewat diklat, lokakarya, dan bimbingan teknis yang sifatnya lebih tematik serta teknis.

Hal itu menurut Lukman Mannan, berdasarkan amanah dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 bahwa pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan pengembangan kapasitas

"Orientasi ini merupakan kewajiban anggota DPRD sebagai langkah awal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan," ujar kepala BKPSDMA Sinjai ini.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa saat membuka orientasi tersebut menyatakan, DPRD merupakan mitra sejajar kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memiliki peran strategis dan tanggung jawab dalam mewujudkan pemerintahan yang efisien, efektif, produktif, dan akuntabel.

"Saya berharap para anggota DPRD Sinjai yang baru bertugas dapat senantiasa menjaga dan mempertahankan kemitraan dan koordinasi yang baik dan harmonis, tidak hanya dengan eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah, melainkan juga dalam lingkup internal DPRD," harapnya.

Andi Seto meyakini, hubungan kerja yang solid dan kompak merupakan modal penting bagi DPRD untuk melaksanakan fungsinya dengan pemerintah daerah, sehingga DPRD mampu mendedikasikan diri mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, H. Irman Jausi, menyampaikan, kegiatan ini merupakan orientasi angkatan ke IV atau angkatan terakhir.

Selain diikuti oleh 30 anggota DPRD Sinjai, orientasi angkatan IV juga diikuti oleh 1 orang anggota DPRD Kabupaten Gowa, dan 1 orang dari DPRD Kabupaten Gorontalo.

Dalam kegiatan ini, 30 anggota DPRD Sinjai yang dilantik pada 20 November 2019 lalu akan menerima sajian materi dari Bupati Sinjai, BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, PPSDM Regional Kementerian Dalam Negeri RI, dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI