Antisipasi Virus Corona, RSUD Sinjai Siapkan Ruang Isolasi

1/31/2020 | 13:51 WIB

Bagikan:
Antisipasi Virus Corona, RSUD Sinjai Siapkan Ruang Isolasi



INSTINGJURNALIS.com - Mengantisipasi penyebaran virus corona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kabupaten Sinjai, menyiapkan ruang isolasi.

Meskipun di Indonesia belum ada warga yang terjangkit corona, namun pemerintah telah mengambil sejumlah langkah antisipasi. Termasuk Pemerintah Kabupaten Sinjai.

"Kita antisipasi dengan menyediakan ruang khusus isolasi dan perlengkapan untuk petugas yang anti virus," papar Direktur RSUD Sinjai , dr. H. A. Amaluddin,  Jumat (31/1/2020).

Meski demikian ia memaparkan bahwa ada tahapan yang harus dilakukan oleh Rumah sakit jika ada pasien yang dicurigai terkena virus mematikan dari Cina tersebut.

Amaluddin menjelaskan bahwa tahap awal jiika ada pasien yang dicurigai terinfeksi penyakit ini adalah dengan melakukan screening atau pemeriksaan berupa rontgen setelah itu jika hasilnya memang ada infeksi di paru-paru maka sampel lendir dari pasien dilakukan uji laboritorium di Litbangkes Sulsel.

"Setelah hasilnya keluar dan memang dinyatakan positif terkena virus corona maka kita sarankan untuk dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar yang bisa menangani penyakit tersebut," kata Amaluddin.

Namun lanjut dia,  jika pasien atau keluarga pasien tidak ingin di rujuk ke Makassar maka pihak RSUD Sinjai siap menangani pasien tersebut dengan menyiapkan ruang isolasi khusus.

"Kami punya dua ruang isolasi dengan tekanan negatif dan positif.  Ruang solasi tekanan negatif ini dengan sistem mesin dimana udara tempat pasien dirawat itu tidak dialirkan keluar secara langsung tetapi diolah oleh mesin sehingga tidak ada pengaruh atau dampak terhadap orang yang ada di luar, " imbuhnya.

Bukan hanya itu tenaga medis yang menangani di ruangan isolasi pun akan diterapkan standar operasional yang ketat. Selain itu tenaga medis akan menggunakan baju dan alat khusus sesuai dengan standar operasional penanganan pasien terjangkit virus corona.

"Sejauh ini, belum ada warga di Kabupaten Sinjai yang terindikasi terpapar virus corona, sepanjang masyarakat mampu menjaga daya tahan tubuh,  makan makanan yang sehat dan tidak pernah bepergian ke luar negeri dalam satu bulan terakhir ini,  maka masyarakat akan aman dari penyakit tersebut," jelasnya. (ads)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI