Keluarkan 1.064 Izin Sepanjang Tahun 2019, Gerai Perizinan Sinjai Sumbang PAD Rp 401 Juta Lebih Untuk Pemprov

1/23/2020 | 09:44 WIB

Bagikan:
Keluarkan 1.064 Izin Sepanjang Tahun 2019, Gerai Perizinan Sinjai Sumbang PAD Rp 401 Juta Lebih Untuk Pemprov
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan

INSTINGJURNALIS.com - Sepanjang tahun 2019, gerai perizinan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai mengeluarkan sebanyak 1.064 izin.

Teranyar, terobosan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa diawal Pemerintahannya di Bumi Panrita Kitta bekerjasama dengan Pemprov Sulsel, gerai tersebut menghasilkan Pendapat Asli Daerah (PAD) hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan membeberkan, sepanjang tahun 2019 lalu gerai perizinan tersebut menghasilkan PAD untuk Pemprov Sulsel sebanyak Rp.401.940.000 juta.

Dari Rp.401 juta lebih PAD yang dihasilkan bersumber dari tiga izin yang dikeluarkan selama periode Januari hingga Desember 2019 sebanyak 1.064 izin.

"Masing-masing izin itu adalah Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) sebanyak 97, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) 847, kemudian Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI) 79, dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) 41. Totalnya 1.064 izin yang keluar sepanjang 2019," beber Lukman saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/1/2020) lalu.

"Jadi selama periode tersebut PAD yang masuk untuk Pemprov sebanyak Rp.407 juta lebih," sambungnya.

Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini menambahkan, gerai pelayanan administrasi perizinan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam melakukan inovasi dan penyederhanaan proses pelayanan publik yang transparan, efesien, akuntabel dan tepat waktu.

"Memang Program Pengembangan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu secara modern, merupakan salah satu visi dan misi Bupati Sinjai," kata Lukman.

Masih kata dia, gerai perizinan perikanan itu merupakan yang pertama di Sulawesi Selatan, sehingga pada beberapa bulan lalu, Kabupaten Sinjai diberikan kesempatan untuk mempresentasikan terkait gerai tersebut.

"Soal gerai ini, kita pernah presentasikan dihadapan Wakil Gubernur Sulsel, para Kadis PM PTSP se-Sulsel, serta para Kadis Kelautan dan Perikanan se-Sulsel," pungkasnya.

Bahkan, kata Lukman, gerai perizinan itu akan jadi percontohan bagi sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

(Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI