TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemerintah Desa di Sinjai Diminta Transparan Kelola Dana Desa

Pemerintah Desa di Sinjai Diminta Transparan Kelola Dana Desa
Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa meminta kepala desa yang ada di Bumi Panrita Kitta julukan daerah tersebut untuk transparan dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

Demikian ditegaskan Andi Seto saat membuka rapat monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa tahun 2020, Selasa (28/1/2020) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Menurut ASA akronim Andi Seto Gadhista Asapa pengelolaan dana desa secara transparan memberikan dampak positif bagi pembangunan. Demikian juga menghindari kepala desa maupun aparat desa terjerat kasus hukum.

"Saya meminta para pemerintah desa, agar transparan dalam pengelolaan dana desa, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” tegasnya.

Bila para pemerintah desa dan aparatnya bekerja dan mengelola anggaran sesuai aturan, maka tak ada lagi hal perlu dikhawatirkan.

Bupati juga mengingatkan, Dana desa dengan berbagai bentuknya bukan milik pribadi atau perorangan. untuk pengelolaan dana desa dan keuangan desa lainnya harus dilakukan dengan transparan.

“Selain penggunaannya harus jelas. Pengunaan dana tersebut harus dilakukan dengan transparan," tegasnya lagi.

Selain itu, Bupati berlatarbelakang pengusaha ini, mengingatkan semua kegiatan yang akan dilakukan di Desa, dibuat dan direncanakan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Desa masing-masing.

Meski demikian, Bupati ASA juga berharap agar pemerintah desa, tidak mengesampingkan program prioritas yang telah didorong oleh Pemerintah Kabupaten.

"Sebab, meski desa punya jangka menengah tetapi juga harus mengikuti program-program yang sudah ditetapkan pemerintah kabupaten, supaya sinergitas antara pemerintah kabupaten dengan desa bisa berjalan dengan baik. Kita bisa saling mengisi," pungkasnya.

Monev pengelolaan dana desa turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, Sekda Sinjai Akbar, Kepala Dinas PMD, Yuhadi Samat, para Camat, Kepala Desa se-Kabupaten Sinjai, dan Koordinator Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Hadir narasumber, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai dan Polres Sinjai. (Ardy)

Type above and press Enter to search.