Senam Hipertensi, Promkes Puskesmas Mannanti Manfaatkan Pantai Bulokkong

1/05/2020 | 19:37 WIB

Bagikan:
Senam Hipertensi, Promkes Puskesmas Mannanti Manfaatkan Pantai Bulokkong
Senam hipertensi di Pantai Bulokkong Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe. (Foto: Dok Promkes Puskesmas Mannanti)

INSTINGJURNALIS.com - Panorama Pantai Bulokkong di Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai menjadi daya tarik   masyarakat di Bumi Panrita Kitta.

Mereka yang datang, bukan hanya untuk menikmati keindahan alam di pinggiran laut. Tetapi, wisata yang tergolong baru ini rupanya dimanfaatkan dalam melakukan aktifitas fisik alias berolahraga.

Seperti yang dilakukan Petugas Promosi Kesehatan dan Olahraga wilayah Puskesmas Mannanti, Minggu (5/1/2020) pagi. Pantai Bulokkong tersebut dimanfaatkan untuk penyuluhan aktifitas fisik dengan berolahraga atau senam hipertensi.

Senam hipertensi ini diikuti oleh sejumlah petugas kesehatan dan masyarakat setempat.

Petugas Promkes Puskesmas Mannanti, Asdar berujar, Senam hipertensi merupakan salah satu cara pemeliharaan kesegaran jasmani atau latihan fisik yang dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan dan mengelola stress sehingga dapat meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh dan dapat merangsang aktifitas kerja jantung dan dapat menguatkan otot-otot jantung.

"Dengan adanya senam hipertensi tersebut mampu mencegah atau menurungkan angka penyakit hipertensi yang merupakan salah satu penyakit tidak menular," ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, senam yang rutin dilakukan di Pantai Bulokkong itu, bukan hanya senam hipertensi tetapi senam diabetes pun sering di lakukan.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti senam rutin tersebut," pinta Asdar didampingi salah seorang instruktur senam, Numardani.

(Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI