TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kenali Bahaya Memakai Kotak Makanan berbahan Styro Foam

 

Kotak Makanan Berbahan Styrofoam

INSTINGJURNALIS.COM   -   Memakai kotak makanan berbahan stero foam (juga dikenal sebagai polisterena atau styrofoam) dapat memiliki beberapa risiko kesehatan dan dampak lingkungan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa bahaya yang terkait dengan penggunaan kotak makanan berbahan stero foam:


• Dampak lingkungan: Stero foam tidak mudah terurai dan sulit didaur ulang. Jutaan ton stero foam terbuang setiap tahunnya, dan karena sifatnya yang tahan lama, mereka dapat mengendap di tempat pembuangan akhir atau berakhir di lingkungan, termasuk sungai, dan lautan. Polisterena yang terbuang menjadi sampah dapat menyebabkan kerusakan ekosistem dan berdampak buruk pada kehidupan laut.







• Zat kimia berbahaya: Stero foam dapat mengandung bahan kimia berbahaya, seperti stirena. Ketika makanan atau minuman panas dituangkan ke dalam kotak makanan stero foam, zat kimia tersebut dapat berdifusi ke dalam makanan dan minuman. Pemaparan jangka panjang terhadap zat kimia ini telah dikaitkan dengan masalah kesehatan, termasuk gangguan hormonal, gangguan sistem saraf, dan potensi kanker.


• Kontaminasi makanan: Stero foam yang rusak atau tergores dapat menjadi tempat bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Jika makanan dimasukkan ke dalam kotak makanan yang rusak atau tergores, kemungkinan terjadinya kontaminasi makanan akan meningkat, yang dapat menyebabkan penyakit atau keracunan makanan.


• Risiko kebakaran: Stero foam adalah bahan yang sangat mudah terbakar. Jika kotak makanan berbahan stero foam terkena sumber panas atau api, dapat terjadi kebakaran yang berpotensi berbahaya.


Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan kotak makanan berbahan stero foam. Lebih baik menggunakan alternatif yang lebih ramah lingkungan dan aman seperti kotak makanan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, plastik tahan panas yang aman, atau bahan-bahan lain yang bisa didaur ulang dengan baik. Ini akan membantu melindungi kesehatan Anda serta lingkungan secara keseluruhan.



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0