Pemberian Pupuk pada Tanaman, Sistem Tabur atau Kocor, Mana Lebih Baik?

6/06/2021 | 14:35 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang saat ini banyak digunakan orang-orang untuk pemupukan tanaman.


Terkait dengan pemupukan tanaman menggunakan pupuk NPK, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan sistem kocor dan tabur. 


Sistem kocor adalah melarutkan butiran pupuk NPK dengan air terlebih dahulu, lalu larutan pupuk NPK disiramkan ke media tanam.


Sedangkan sistem tabur adalah menaburkan atau menanam butiran pupuk NPK ke media tanam tanaman. Lantas, dari kedua cara pemberian pupuk NPK tersebut, manakah yang paling efektif dilakukan? 


Dikutip dari Kompas.com, Minggu (06/06/2021), berikut ini plus minus cara pemberian pupuk NPK antara sistem kocor dan sistem tabur.


Sistem kocor meski harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air, pemberian pupuk NPK dengan sistem kocor akan memudahkan akar tanaman menyerap unsur-unsur penting yang dikandung pupuk NPK. 


Dengan penyerapan optimal, hal itu tentu saja membawa dampak yang lebih baik bagi tanaman.


Tak hanya itu, pemberian pupuk NPK dengan sistem kocor dapat dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu musim tertentu.  


Sementara itu, pemberian pupuk NPK dengan sistem tabur baru bisa lebih efektif saat musim hujan.


Jika tidak pada musim hujan, pupuk NPK yang ditaburkan pada tanaman harus disiram agar kandungan pupuknya bisa larut ke media tanam dan akar tanaman. 


Sistem kocor VS sistem tabur

Dari segi pengaplikasian, pemberian pupuk dengan sistem kocor lebih mudah, hemat, dan optimal, ketimbang sistem tabur yang aplikasinya kurang merata.


Dengan pemberian pupuk NPK sistem kocor, semua akar tanaman akan menerima pupuk dengan merata sehingga lebih banyak pupuk yang dapat diserap tanaman. 


Pupuk NPK yang terserap merata pada akar tanaman tentunya membawa keuntungan yang lebih pada tanaman.


Dari penjelasan di atas, pada intinya pemberian pupuk NPK dengan sistem kocor memberikan keuntungan yang lebih dibanding sistem tabur atau tanam.


Maka itu, pemberian pupuk NPK dengan sistem kocor dianggap sebagai cara terbaik ketimbang sistem tabur. 


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI