Puskesmas Manimpahoi Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Lewat Posbindu

2/03/2020 | 22:00 WIB

Bagikan:
Puskesmas Manimpahoi Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Lewat Posbindu

INSTINGJURNALIS.com - Upaya pencegahan dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sering mengakibatkan tingginya angka kematian, terus digalakkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di sembilan Kecamatan.

Upaya tersebut dilakukan dengan intens menggelar Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Seperti yang dilakukan Puskesmas Manimpahoi, Kecamatan Sinjai Tengah, di Dusun Pepara, Desa Saohiring, Senin (3/2/2020).

Pengelolah Program PTM, Epiyanti mengatakan, upaya untuk menekan angka kesakitan penyakit tidak menular perlu dilakukan deteksi secara dini secara menyeluruh kepada semua masyarakat.

"Deteksi dini secara menyeluruh itu dilakukan kepada semua masyarakat pada usia produktif yaitu usia 15-59 tahun serta memberikan konseling kepada sasaran yang memiliki potensi untuk terkena penyakit tidak menular," ujarnya.

Pelayanan Posbindu ini kata, Epiyanti mendapat respon baik oleh nasyarakat setempat. Itu terbukti dengan antusiasnya sasaran PTM yang berkunjung untuk mendapatkan pelayanan lainnya seperti,
deteksi dini kesehatan jiwa, pemeriksaan Indra dan Iva Sadanis. 

Dengan begitu, adanya Posbindu tersebut diharapkan semua PTM dapat terdeteksi sedini mungkin sehingga angka kesakitan tidak terus meningkat. (ads)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI