Begini Cara Puskesmas Mannanti Antisipasi Wabah Demam Berdarah Dengue

3/10/2020 | 23:52 WIB

Bagikan:
Begini Cara Puskesmas Mannanti Antisipasi Wabah Demam Berdarah Dengue

INSTINGJURNALIS.com - Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sinjai melakukan berbagai kegiatan mengantisipasi pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Salah satunya, gencar melakukan sosialisasi dan penanggulangan kasus berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Kegiatan tersebut dilakukan di Lingkungan Lembang Gogoso, Kelurahan Mannanti, Selasa (10/3/2020).

Penanggung Jawab Vektor dan DBD, Srianti Jamaluddin mengatakan, penanggulangan kasus berpotensi KLB DBD ini diarahkan pada upaya mencegah kematian dan menekan
penyebaran kasus.

Upaya pencegahan kematian kata dia, dilaksanakan dengan penemuan dini kasus yang diikuti dengan tatalaksana kasus yang benar, termasuk monitoring secara ketat terhadap kemungkinan terjadinya kebocoran plasma berlebihan.

Sementara untuk upaya pencegahan diarahkan pada upaya pemutusan mata rantai penularan Manusia-Nyamuk- Manusia dengan pemberantasan sarang nyamuk dan larvasidasi, serta penyuluhan kepada masyarakat di seluruh wilayah berpotensi KLB DBD sehingga tidak meluas ke wilayah lainnya.

"Dengan adanya Penanggulangan Kasus berpotensi KLB DBD yaitu dapat membatasi penularan atau penyebaran DBD, sehingga kasus berpotensi KLB DBD yang terjadi di suatu wilayah tidak meluas ke wilayah lainnya," ungkap Srianti.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mannanti, Mukhtar berharap agar masyarakat dapat memberantas jentik nyamuk dengan 3M, serta menggalakkan jumat bersih dilingkungan masing-masing.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI