TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab-DPRD Sinjai Sepakat Bangun Kios Darurat di Pasar Sentral

Pemkab-DPRD Sinjai Sepakat Bangun Kios Darurat di Pasar Sentral
Rapat Gabungan Komisi DPRD Sinjai yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRS sinjai Andi Sabir di Ruang Paripurna DPRD Sinjai, Selasa (17/3/2020). 

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama DPRD Sinjai sepakat untuk membangun kios darurat untuk para pedagang korban kebakaran di Kompleks Pasar Sentral Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara.

Keputusan ini berdasarkan hasil Rapat Gabungan Komisi DPRD Sinjai yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRS sinjai Andi Sabir di Ruang Paripurna DPRD Sinjai, Selasa (17/3/2020). Sedikitnya 24 kios darurat yang akan dibangun.

Sekretaris Daerah Sinjai Akbar mengatakan bahwa, pemerintah daerah menawarkan dua opsi. Pertama kios yang telah terbakar dengan melakukan renovasi sementara dan opsi kedua adalah relokasi pedagang ke tempat yang lain.

"Kita tawarkan dua opsi tersebut dan berdasarkan pertimbangan bersama akhirnya kita sepakati untuk dilakukan pembangunan kios darurat atau sementara," katanya.

Adapun lokasi yang telah menjadi kesepakatan adalah di sebelah barat Pasar Sentral Sinjai atau jalan Gunung Bawakaraeng yang kini menjadi area terminal angkutan umum.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Sinjai Andi Sabir menuturkan  kesepakatan ini diputuskan berdasarkan pertimbangan dari berbagai pihak termasuk masukan dari korban pemilik kios yang terbakar.

"Jadi kita akan bangun kios darurat sebanyak 24 kios dengan ukuran 3x4 meter sehingga para pedagang ini bisa kembali berjualan secepatnya karena itu merupakan mata pencaharian utama mereka," ungkapnya.

Rencananya pembangunan kios semi permanen ini akan dibangun dalam waktu dekat sambil menunggu rencana pembangunan kembali kios pedangang yang hangus terbakar.

Usai melakukan rapat, para anggota DPRD dan beberapa Kepala Perangkat Daerah langsung melakukan peninjauan di lokasi rencana pembangunan kios darurat dan melakukan pengukuran.

Dalam rapat ini dihadiri oleh  Sekwan M. Janwar,  Asisten Administrasi Umum Setdakab,  Hj. Ratnawati Arief,  para Kepala OPD terkait dan korban pemilik kios yang terbakar. (ads)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.