Puskesmas Mannanti Pantau Pemenuhan Gizi Anak, Ini Jurusnya

3/11/2020 | 15:02 WIB

Bagikan:
Puskesmas Mannanti Pantau Pemenuhan Gizi Anak, Ini Jurusnya

INSTINGJURNALIS.com - Puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sinjai melakukan surveilans gizi melalui kegiatan konfirmasi status gizi balita di Lingkungan Pariae, Kelurahan Mannanti, Rabu (11/3/2020).

Upaya itu dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi masalah gizi termasuk stunting yang saat ini jadi perhatian Pemerintah Daerah.

Salah seorang Tim Gizi Puskesmas Mannanti, Rina Adriana mengemukakan surveilans gizi ini digelar untuk melakukan pemantauan berat badan dan tinggi badan balita yang mengalami masalah status gizi termasuk stunting.

Dengan begitu, melalui surveilans tersebut dihararapkan dapat mengembalikan status gizi anak kembali normal secara bertahap.

"Juga diharapkan dapat menurunkan jumlah stunting khususnya di wilayah kerja Puskesmas Mannanti," kata Rina.

Dalam kegiatan intervensi lanjut Rina juga dilakuka pemberian PMT pemulihan berupa biskuit dan edukasi singkat tentang Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA).

"Ini dilakukan agar dapat merubah pola makan anak yang salah demi mengembalikan status gizi anak," ujarnya.

Sekaitan dengan persoalan stunting, Rina berharap kerjasama dengan lintas sektor dalam hal sanitasi, pangan, sosial dan ekonomi.

Selain itu, dia berharap kepada masyarakat yang memiliki balita untuk selalu turut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu tiap bulan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI