BPS Sinjai Bakal Rekrut Ratusan Petugas Sensus

8/07/2020 | 13:41 WIB

Bagikan:

 


INSTINGJURNALIS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai akan merekrut ratusan petugas sensus penduduk 2020, yang akan melakukan wawancara (manual) kerumah warga. Hal itu dikatakan, Suparno Pani.


Mereka (petugas), menurut Suparno, nantinya akan melakukan wawancara terhadap warga yang belum mengikuti sensus penduduk online (SPO).


"Nantinya mereka mewawancarai warga dari rumah ke rumah untuk melakukan verifikasi dengan petugas akan dilengkapi APD dan kita harapkan juga mereka tidak kontak langsung dengan warga,” ujar Suparno, Jumat (7/8/2020).


Dia mengaku tingginya angka pencapaian Sensus penduduk online di Sinjai akan sangat meringankan beban para petugas sensus dalam mencacah warga yang belum melakukan Sensus penduduk online.


Lanjut dikatakan, Suparno, pelakaanaan sensus penduduk (SP) melalui metode wawancara (manual) ditengah pandemi Covid-19, diundur hingga di bulan September 2020 mendatang. 


Menurutnya, pengunduran jadwal sensus penduduk manual yang sekiranya pada bulan juli lalu akan tetapi situasi yang tidak memungkinkan diundur pada tanggal 1 hingga 30 September 2020.


Sementara itu, Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Sinjai, Hamka Makmur menerangkan bahwa ratusan petugas sensus tersebut akan direkrut dari masyarakat.


"Mulai hari ini kita bukan pendaftaran sampai tanggal 10 Agustus 2020 secara online.  Jumlah tenaga sensus yang kita rekrut sebanyak 190 orang dari masyarakat yang nantinya akan bertugas untuk melakukan sensus secara manual selama 15 hari, " ujarnya. 


Dia menambahkan, data yang didapat dari sensus penduduk 2020 ini akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan di berbagai bidang seperti pangan, pendidikan, kesehatan dan bidang-bidang lainnya. (*)


Editor : Satria

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI