Bupati ASA Resmikan Penggilingan Padi di Sinjai Selatan

10/23/2020 | 21:24 WIB

Bagikan:

 Bupati ASA Resmikan Penggilingan Padi di Sinjai Selatan

INSTINGJURNALIS.com - Rice Milling Unit (RMU) atau penggiling padi yang baru saja diresmikan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) diharapkan dapat menopang dan mendorong peningkatan taraf hidup petani.


RMU yang beralamat di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, merupakan Bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat melalui fasilitasi Pemkab Sinjai itu dibawah pengelolaan kelompok tani Bandae Kelurahan Sangiasseri. 


ASA berharap melalui bantuan ini, dapat mendongkrak pendapatan usaha kelompok tani pengelola yang ada diwilayah tersebut, serta dapat digunakan para petani dan masyarakat Sinjai Selatan dalam mengolah padi atau gabah menjadi beras untuk di Komsumsi. 

 

"Dengan adanya RMU ini, tentu kita harapkan taraf hidup masyarakat petani yang ada di Sinjai Selatan atau di sekitarnya meningkat dan tidak jauh-jauh lagi membawa gabahnya untuk di giling," ucap ASA Jumat (23/10/2020) sore.


ASA menitip pesan agar bantuan RMU tersebut dapat dijaga dan dirawat dengan baik sehingga pemanfaatannya panjang pasca panen raya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Hj Marwatiah menyampaikan, RMU ini untuk mendukung peningkatan produktifitas dan kualitas hasil pengolahan tanaman pangan yang merupakan komitmen Pemkab dalam kesejahteraan petani. 


"RMU dengan kapasitas 1,5 ton per jam ini untuk mendukung peningkatan kualitas mutu beras dan memperluas pasar serta pendapatan dan kesejahteraan petani di Sinjai Selatan", tandasnya.


Menurut Marwatiah, RMU dengan kapasitas yang sama di Kabupaten Sinjai sudah sebanyak 3 unit. 2 diantaranya di Kecamatan Sinjai Timur. 


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI