Pemkab Bakal Salurkan 7 Perahu Sampan Fiber Untuk Nelayan Sinjai

12/01/2020 | 14:02 WIB

Bagikan:

 

INSTINGNURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menyampaikan angin segar bagi para nelayan di Bumi Panrita Kitta. Pasalnya, tahun ini nelayan di Sinjai akan mendapatkan bantuan.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Sinjai drh. Aminuddin Zainuddin mengatakan, bantuan yang akan diberikan adalah pengadaan kapal dan alat tangkap. 


Bantuan yang bakal dierahkan tersebut merupakan komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam memberikan perhatian serius kepada nelayan di daerah yang di pimpimnya.


"Dalan waktu dekat ini kita berikan 7 sampan fiber kapasitas dibawah 3GT untuk nelayan kita di Sinjai agar mereka bisa gunakan untuk menangkap ikan," kata Aminuddin belum lama ini.


Bantuan kapal ikan tersebut akan diprioritaskan kepada nelayan tradisional yang belum memiliki sarana penangkapan ikan dan selama ini belum pernah mendapatkan bantuan.


Selain itu, sarana dan prasarana lainnya juga akan diberikan kepada nelayan sebagai penunjang dalam melaksanakan aktifitasnya seperti jaket pelampung, fishfinder (alat pendeteksi ikan) dan lampu air garam. 


"Lampu air garam ini mirip lampu petromaks, sumber energinya itu bukan BBM tapi dari air laut sehingga dimanapun nelayan melaut bisa menyalakan ini. Selain hemat biaya, lampu ini juga ramah lingkungan. Setiap terisi penuh, lampu LED di dalamnya mampu menyala selama 8 jam," katanya. 


Bantuan ini tiap tahun akan diberikan kepada para nelayan,  dimana tahun 2019 lalu khusus perahu sampan fiber dibawah 3 GT, Pemkab Sinjai sudah menyerahkan 20 unit kepada nelayan. 


"Bantuan ini sementara berproses dan kita harap dapat segera dinikmati nelayan karena mereka sangat butuhkan bantuan tersebut dan kita berharap pandemi ini segera berlalu sehingga bantuan yang diberikan bisa semakin meningkat, " katamya. 


Aminuddin menuturkan, bantuan tersebut merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai di bidang perikanan dengan harapan bisa membantu para nelayan menangkap ikan dan meningkatkan pendapatannya. 


"Semoga dengan bantuan ini, bisa mempermudah proses penangkapan ikan oleh nelayan dan dapat dipelihara sebaik-baiknya" harapnya. (*)


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI