Bansos Kemensos Lambat Disalurkan, Ini Masalahnya

3/18/2021 | 14:47 WIB

Bagikan:
Bansos Kemensos Lambat Disalurkan, Ini Masalahnya
Ilustrasi

 INSTINGJURNALIS.com - Pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial yang digelontorkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), baik itu Program Sembako (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH)  pada bulan Maret 2021 mengalami keterlambatan pencairan.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai Andi Muh. Idnan menuturkan, keterlambatan pencairan untuk bulan Maret 2021 ini dikarenakan adanya beberapa faktor, diantaranya perbaikan data yang dilakukan oleh Tim Data Bansos Kemensos RI.


"Jadi semua pencairan bantuan dari Kemensos ditangguhkan karena sementara lagi perbaikan data yang tidak valid dan nanti setelah perbaikan data baru dilaksanakan pencairan bantuan," ungkapnya, Kamis (18/3/2021).


Keterlambatan ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Sinjai tetapi untuk seluruh Indonesia sehingga pihaknya meminta kepada masyarakat atau penerima bantuan untuk sabar menunggu pencairannya. 


“Saat ini sedang ditertibkan oleh tim data bansos Kemensos sebagai upaya mengurai permasalahan, agar program bantuan ini bisa segera dicairkan,” tuturnnya.


Informasi ini juga menjadi jawaban dari beberapa masyarakat Sinjai yang mempertanyakan hal tersebut melalui media Radio Suara Bersatu.


Hal yang sama disampaikan oleh pihak Kantor Pos Cabang Sinjai selaku penyalur bantuan BST kepada masyarakat. 


Kepala Kantor Pos Cabang Sinjai Syukur Surung mengatakan, pihaknnya saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan Kemensos terkait jadwal penyaluran BST tahap ke 12 atau untuk bulan Maret. 


"Biasanya setiap awal bulan sudah didistribusikan, tapi untuk bulan maret 2021 ini ditunda karena ada perbaikan data di Kemensos. Apabila sudah ada kabar lebih lanjut, kami akan segera informasikan ke masyarakat," terangnya. (*)


Laporan: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI