BPBD Bantu Korban Kebakaran di Sinjai Barat

3/20/2021 | 08:47 WIB

Bagikan:

 BPBD Bantu Korban Kebakaran di Sinjai Barat

INSTINGJURNALIS.com - Pasca peristiwa kebakaran yang menghanguskan empat rumah di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bergerak cepat memberi perhatian kepada korban kebakaran. 


Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, bantuan logistik diserahkan kepada Empat korban kebakaran rumah. 


Mereka yang diberi bantuan logistik diantaranya Asri (32), Amir (65), Abdullah (64) dan Caya (66). Keempat berprofesi sebagai petani di Dusun Puncak, Desa Gunung Perak. 


Bantuan logistik ini diserahkan oleh Kepala Seksi Logistik bidang Kedaruratan dan Logistik Ambo Rappe Sakka, bersama dengan Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai Syamsul Ahmad, bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan beserta Tim dari BPBD Sinjai.


Kepala Seksi Logistik BPBD Sinjai, Ambo Rappe Sakka, mengatakan, bantuan logistik yang diserahkan ini berupa, kebutuhan pokok, perlengkapan makan. Termasuk perlengkapan tidur dan perlengkapan mandi yang bisa digunakan untuk sementara waktu bagi para korban.


Bantuan ini diserahkan setelah pihaknya melakukan kajian cepat atau assesment terhadap peristiwa kebakaran ini dengan menghitung total kerugian serta kondisi terakhir dari musibah yang dialami oleh para pemilik rumah yang menjadi Korban. 


"Sehingga kami menindaklanjuti langsung ke lokasi kejadian dengan tentu juga setelah berkoordinasi dengan pimpinan dan pemerintah setempat", ungkapnya, usai menyalurkan bantuan logistik ke lokasi kebakaran, Jumat (19/3/2021) 


Sementara itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai Syamsul Ahmad, mengatakan untuk sementara waktu semua korban tinggal di rumah kerabatnya yang tidak lain lokasinya sangat berdekatan dengan rumah korban. 


“Kita sudah menyerahkan bantuan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai terhadap korban yang sedang mengalami musibah dan disaksikan langsung oleh Kepala Desa Gunung Perak H. Muhammad Yunus", tandasnya. 


Pada kesempatan ini juga, pihaknya menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas musibah yang dialami para Korban. 


Tak lupa, kata Syamsul pihaknya memberikan semangat lebih dan termasuk edukasi yang bersifat empati dengan harapan dari kejadian ini kedepan menjadi perhatian penuh bagi para warga.


"Semoga apa yang telah kami perbantukan bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang lagi terkena Musibah meski nilainya tak seberapa tapi minimal bisa membantu", harapnya. 


Sebelumnya kebakaran hebat terjadi di Dusun puncak, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat sekira pukul 13:30 Wita Kamis 18 Maret 2021. Peristiwa ini mengakibatkan empat rumah hangus terbakar, dua diantaranya rata dengan tanah.


Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian korban kebakaran ditaksir mencapai Rp350 juta lebih, sebab selain uang tunai Rp100 Juta, lima ekor kambing serta perhiasan emas milik korban ikut terbakar. (*)


Laporan: Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI