TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pandemi Covid-19 di Bulan Ramadan, Bupati ASA Ingatkan Protokol Kesehatan Dijalankan

 

Pandemi Covid-19 di Bulan Ramadan, Bupati ASA Ingatkan Protokol Kesehatan Dijalankan

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menegaskan pelaksanaan Ibadah pada bulan suci Ramadan 1442 Hijriah dapat dilaksanakan seperti biasa sebagaimana syariat yang ditentukan agama Islam.


Penegasan tersebut tertuang dalam himbauan Bupati Sinjai Nomor 005/01.02.655/Set tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.


Dalam himbauan tersebut terdapat beberapa poin didalammnya yaitu,  pertama, melaksanakan ibadah puasa dan amaliah ramadan dengan sebaik-baiknya sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 


Kedua, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada umat islam dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadan, agar tetap memperhatikan derta memenuhi segala aspek syariat dan protokol kesehatan. 


Ketiga, dalam menjalankan ibadah puasa dan amaliah ramadan agar berpedoman pada surat edaran Menteri Agama nomor 3 tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadan dan idul fitri 1442 hijriyah. 


Sementara itu, dalam surat edaran Menteri Agama RI, sejumlah kegiatan ibadah Ramadan diatur dan dibatasi, dimana fardhu lima waktu, salat tarawih, witir, tadarrus alquran, buka puasa bersama serta i’tikaf  diatur, secara ketat yaitu jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas masjid.


Selain itu, beberapa di antaranya, ceramah Ramadan (tarawih dan subuh), pengajian, dan tausiyah, paling lama dengan durasi waktu paling lama 15 menit.


Bupati ASA mengatakan bahwa himbauan serta surat edaran dari Menteri Agama RI  ini dalam rangka menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat.


“Himbauan ini dikeluarkan dalam upaya menjaga kekhusuan menjalankan Ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1442 H,” jelasnya.


Andi Seto juga mengatakan selain hal-hal tersebut juga untuk mendukung pemerintah melawan dan memutus mata rantai Covid-19.


"Saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 tentunya protokol kesehatan masih tetap dijalankan, dengan berharap mudahan wabah ini cepat berakhir," harap Bupati ASA.


Editor: Satria


Komentar0

Type above and press Enter to search.