TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

PDRB Konstruksi di Sinjai Melonjak, Capai 540 Persen

 

PDRB Konstruksi di Sinjai Melonjak, Capai 540 Persen

INSTINGJURNALIS.com - Laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor usaha konstruksi melonjak drastis hingga 540 persen. Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai di bawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA) menjadi pemicunya.


Bedasarkan data Kabupaten Sinjai Dalam Angka tahun 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik Sinjai, laju pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha sektor konstruksi menunjukkan tren positif. Dimana pada tahun 2019 berada pada angka 2,14 persen.


Lalu melonjak pada tahun 2020 dan menduduki posisi 11,56 persen, atau naik hingga 540 persen dari tahun sebelumnya.


Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, capaian ini menjadi bukti nyata jika pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pada tahun 2020 berdampak terhadap tumbuhnya pendapatan masyarakat. Baik pembangunan jalan, jembatan, maupun infrastruktur lainnya. 


Tentu hal ini juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat, terutama yang bergerak di bidang infrastruktur. 


"Alhamdulillah, kita bersyukur karena apa yang menjadi harapan kita untuk meningkatkan pendapatan masyarakat telah terwujud di sektor konstruksi," ungkap ASA, Senin (5/4/2021)


Selain itu, lulusan Magister Monash University Australia itu meyakini jika pembangunan infrastruktur juga akan berdampak terhadap sektor perekonomian. Terutama pertanian, peternakan, pariwisata, perikanan, dan potensi lainnya.


Misalnya, hasil produksi pertanian mudah dijual dan tidak terlantar lagi karena jalan sudah mulus. Destinasi wisata mudah dijangkau dengan terbukanya akses jalan.


"Saya optimis bisa menggairahkan perekonomian dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat melalui stimulasi program yang kami lakukan," tambahnya.


Diketahui, pada tahun 2020, Bupati ASA memang fokus pada pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan dengan anggaran sebesar Rp185 miliar. Dari porsi anggaran besar itu menghasilkan 132 kilometer jalan mulus dan 6 buah jembatan baru permanen.


Usaha konstruksi melalui program pembangunan infrastruktur ini juga menjadikan Sinjai menduduki posisi ketiga laju pertumbuhan PDRB tertinggi di Sulawesi Selatan.


Laporan: Al Dafa

Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.