TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Akan Digelar Secara Online

 

Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Akan Digelar Secara Online


INSTINGJURNALIS.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 tahun ini akan tetap digelar meski dalam situasi pandemi Covid-19. 


Namun, seperti tahun lalu upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan bakal digelar secara daring (dalam jaringan) atau virtual.


Untuk di Kabupaten Sinjai, kegiatan tersebut rencananya dipusatkan di ruang pola kantor Bupati Sinjai dan akan dihadiri Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) beserta jajaran secara terbatas.


Hal itu diungkapkan Ketua Umum Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) RI tingkat Kabupaten Sinjai, Drs Akbar usai memimpin rapat pembentukan panitia di ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (2/8/2021)


Menurut Akbar, pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi yang dilaksanakan secara virtual ini mengacu pada Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.564/M/S/TU.00.04/07/2021 tertanggal 28 Juli 2021.


"Akan dilaksanakan secara virtual di ruang pola kantor Bupati Sinjai. Itu disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini karena kita masih dalam zona Orange atau PPKM level 2", ungkapnya.


Kendati demikian, sejumlah rangkaian kegiatan HUT Proklamasi tetap akan dilaksanakan secara langsung seperti renungan suci tepat pada pukul 00:00 wita tanggal 17 Agustus mendatang, ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) hingga tabur bunga di pelabuhan Larea-rea.


"Yang lainnya tetap kita laksanakan sesuai hasil rapat pembentukan panitia, kecuali malam Taptu yang ditiadakan karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan", tanbahnya.


Sama halnya ditingkat kecamatan, upacara juga dilakukan secara virtual dikantor masing-masing. Pemerintah kecamatan diminta tidak memusatkan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan seperti dilapangan.


"Kita minta hanya melaksanakn upacara dimasing-masing instansi pada pukul 07:00 Wita pagi, kemudian diperkenankan juga untuk mengikuti upacara secara virtual bersama dengan unsur Tripika, bahkan  tetap diberi kesempatan secara virtual sama yang dialkukan di tingkat kabupaten", jelasnya.


Rapat pembentukan panitia HUT RI ke-76 tingkat Kabupaten Sinjai turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag Sinjai serta para perwakilan kepala organisasi perangkat daerah (OPD).


Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi RI sendiri tahun ini merupakan yang kedua kalinya dilaksankan secara virtual. Hal itu dikarenakan masih dalam suasana Pandemi.


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.