Fakta GMBI, Bentrok dengan Ormas hingga Aparat, Berikut Daftarnya

9/24/2021 | 16:16 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Bentrok antara ormas Pemuda Pancasila (PP) dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang terjadi di markas LSM GMBI yang berada di Jalan Yosudarso, Desa Wero, Gombong, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Senin, 23 Agustus 2021 kemarin, telah mengakibatkan lima mobil rusak dan satu markas ormas habis terbakar. 


Bentrok antara LSM GMBI dengan ormas lain bukan lah kali pertama. Dalam sejarahnya, GMBI memang terkenal sebagai organisasi yang keras dan kerap bentrok dengan organisasi ainnya, mulai dari FPI, Satpol PP, Kepolisian, hingga ormas lain. 


Berikut kumpulan bentrok yang melibatkan GMBI. 


-GMBI Bentrok dengn FPI


Bentrok besar-besaran pernah terjadi antara GMBI dengan FPI, pada tahutahun 2017.


Bentrok dipicu karena isu penusukan anggota FPI bernama Syarief di Bandung oleh anggota GMBI di Bandung, pada 12 Januari 2017.


Tidak terima, massa FPI pun melakukan serangan dengan membakar dan merusak markas GMBI di wilayah Ciampea Bogor pada esoknya. 


- GMBI Bentrok dengan Petugas Kepolisian


Massa GMBI pernah terlibat bentrok dengan kepolisian saat berunjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, 6 November 2019.


Massa GMBI meminta agar Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman ditahan, memanad dsn sempat terlibat adu dorong dengan Petugas Kepolisian, bahkan sempat membakar traffict cone di depan gedung. 


-GMBI Bentrok dengan Satpol PP


GMBI juga pernah terlibat bentrok dengan anggota Satpol PP Kota Bekasi pada 25 Januari 2018 saat memaksa masuk ke kantor Pemkot Bekasi


Buntutnya, beberapa anggota Satpol PP terluka dan ada dua kendaraan pribadi rusak di insiden bentriken Jalan Rawa Tembaga, Kota Bekasi. 


-GMBI Bentrok dengan LSM BUAS


GMBI pernah bentrok di daerah karawang barat dengan LSM BUAS pada 12 Oktober 2017.


Saat itu LSM BUAS yang sedang berkumpul di Resto Dewi Air, terprovokasi dengan suara geberan konvoi motor gabungan ormas GMBI, Laskar NKRI, dan Gibas Cinta Damai. 


Akibatnya, enam mobil rusak, dan dua sepeda motor hangus akibat bentrokan dua kelompok ormas di jalan interchange, Karawang Barat. 


-GMBI Bentrok dengan BPPKB Banten


GMBI juga pernah terlibat bentrok dengan ormas BPPKB Banten pada 7 September 2013.


Bentrok adalah buntut dari pertikaian seorang petugas leasing yang juga seorang anggota BPPKB Banten ketika menarik paksa kendaraan yang juga milik anggota GMBI.


Walhasil, dua mobil hangus, satu mobil rusak dan beberapa sepeda motor rusak akibat bentrok di Karawang, Jawa Barat tersebut. 


-GMBI Keroyok Dokter di Banyuwangi


Diduga Keroyok dokter, oknum LSM GMBI distrik Banyuwangi ditangkap Kepolisian Daerah Jawa Timur Pada tanggal 10 Agustus 2020.


Pengroyokan ini dimulai karena 2 orang tersangka tidak terima harus dirawat inap oleh seorang dokter di RSUD Blambangan pada 27 Juli 2020.


-GMBI Bentrok dengan Sorak Lintar Fatahillah


GMBI juga pernah terlibat bentrok dengan LSM Sorak Lintar di Kabupaten Karawang, pada 18 Desember 2013.


Bentrokan diawali adanya surat kuasa dari anggota GMBI pada Ormas Sorak Lintar agar mengurus hak ganti rugi atas penebangan pohon warga dari salah satu PT. 


Akibatnya beberapa anggota dari tiap LSM kritis kena tebasan senjata tajam, satu mobil dan tujuh motor hangus terbakar. 

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI