Wah, Ternyata Sebagian Masyarakat Sinjai Taunya hanya Program Seragam Sekolah Gratis, Sudri: Ada Beasiswa Gratis Juga Yah?

9/18/2021 | 16:33 WIB

Bagikan:
Wah, Ternyata Sebagian Masyarakat Sinjai Taunya hanya Program Seragam Sekolah Gratis, Sudri: Ada Beasiswa Gratis Juga Yah?
Bupati Sinjai ASA saat menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis pada tahun 2019 lalu.

 

INSTINGJURNALIS.com - Salah seorang masyarakat Kabupaten Sinjai bernama Sudri mengaku heran, lantaran taunya hanya program sekolah gratis yang digulirkan dimasa pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).


Ternyata kata dia, Bupati ASA juga memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di Kabupaten Sinjai.


"Hal yang mustahil saya rasa, saya kira program bapak Bupati (Andi Seto) dibidang pendidikan hanya seragam sekolah gratis. Ternyata ada juga ya program bantuan beasiswa untuk mahasiswa, bagaimana tidak karena jarang ada Kabupaten yang berada di Sulsel memiliki program pendidikan seperti di Sinjai,"ketusnya


Seperti yang diungkapkan Fauziah, salah seorang alumni Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai yang telah menyelesaikan studinya di jurusan Pendidikan Agama Islam pada tahun 2021 ini.


Kepada media, ia menjelaskan proses penyelesaian studinya dimana menurutnya merasa sangat terbantu adanya program beasiswa penyelesaian studi Pemkab Sinjai yang dirasakannya pada tahun 2020 kemarin


“Selaku penerima beasiswa dari pemerintah, saya sangat berterima kasih,karena dalam proses penyelesaian studinya, beasiswa ini sangat membantu kami dari segi pembayaran uang kuliah,” ucapnya, Jumat kemarin, (17/09/2021


Fauziah berharap, program beasiswa ini dapat terus dilanjutkan agar bisa menjangkau lebih banyak lagi mahasiswa yang mengenyam pendidikan di bangku kuliah.


Hal senada juga dikatakan Ahmad Fauzan, salah seorang mahasiswa penerima beasiswa bidang tahfidz dari Pemkab Sinjai yang saat ini masih menjalani proses kuliah di IAIM Sinjai.


Dirinya mengakui menerima beasiswa dari Pemerintah sejak semester 3, tepatnya di tahun 2020 lalu dan semua pembayaran SPP hingga selesai akan ditanggung oleh Pemkab Sinjai.


“Hadirnya program beasiswa ini sangat membantu kami menjalani proses kuliah.beber Ahmad Fauzan.

Dalam program ini, diketahui bahwa Pemkab Sinjai membayarkan biaya kuliah berupa Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) di Perguruan Tinggi tempat mahasiswa penerima program beasiswa.


Terpisah Penanggung Jawab program Beasiswa Dinas Pendidikan Sinjai Muh. Adli Arifin mengatakan, bahwa ditahun 2021 ini Pemkab Sinjai mengalokasikan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk membayarkan SPP bagi mahasiswa yang lolos sebagai penerima bantuan beasiswa pada tahun 2019 dan 2020.


Saat ini Pemkab Sinjai telah membayarkan SPP semester genap bagi mahasiswa Sinjai yang berprestasi senilai Rp 268 juta untuk 57 orang, baik yang berada dijenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) maupun Program Doktor (S3).


“Jumlahnya yang sudah kita bayarkan 268 juta rupiah,  untuk 11 mahasiswa yang terdaftar penerima beasiswa pada tahun 2019 dan 46 mahasiswa angkatan tahun 2020. Jadi SPP adik-adik kita bayarkan setiap semester sampai tamat kuliah dengan syarat yang sudah diatur dalam Perbup 33 tahun 2019,” ucapnya.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI