Akses Jalan Desa Terus Dibangun, Bupati Sinjai Inginkan Warganya Tersenyum

10/17/2021 | 16:15 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sinjai, dibawah kendali Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terhadap peningkatan infrastruktur jalan mampu berjalan sesuai harapan masyarakat. Salah satunya, jala di Dusun Kolasa, Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur, daerah terletak di pelosok kini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat setempat setelah pengaspalan. 


Pembangunan jalan tersebut sudah lama dirindukan warga. Bahkan, penantian warga untuk menikmati jalan mulus itu sudah berlangsung puluhan tahun.


“Sudah 21 tahun pak merasakan jalan rusak, Alhamdulillah tahun ini jalan disini sudah beraspal atau mulus,” ungkap Sakiyah salah satu warga Kolasa.


Dijelaskan bahwa dampak dari jalan mulus itu , menurutnya sangat terasa sebab aktivitas warga saat ini lebih lancar, apalagi untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan, kini sudah lancar. 


Tak hanya itu menurut pengakuan salah satu warga yang juga berada di pelosok desa Kabupaten Sinjai, Mauluddin dijelaskan pada saat puncak musim hujan, jalanan di daerahnya seperti kubangan kerbau. "Namun, berkat pemerintahan Andi Seto dirinya merasa sangat bersyukur, sebab mimpi warga Bulu Tanah pembangunan jalan desa yang beraspal kini terwujud," tambahnya. 


Begitupun warga yang berada di Ruas jalan Babara-Macconggi merupakan salah satu ruas jalan yang tersentuh pekerjaan Hotmiks di tahun 2021 dengan panjang 2,05 km, berada di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan.


Hal ini sebagai bentuk komitmen Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam meningkatkan infrastruktur jalan untuk membuka daerah terisolir sehingga mudah untuk diakses.


Selain itu, dengan hadirnya jalan yang mulus juga dinilai akan berdampak pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat, kondisi jalan di pedesaan sangat sulit dilalui karena kondisinya rusak dan dipenuhi kerikil yang dinilai dapat membahayakan pengendara jika melintas.


“Beda dengan dulu, biasa lama baru bisa sampai ke kota. Tapi sekarang alhamdulilah sudah bisa cepat sampai jika pergi kuliah ke kampus,” pungkasnya.


Selain ruas jalan Babara-Macconggi di Kelurahan Sangiasseri Kecamatan Sinjai Selatan, dari data Dinas PUPR Sinjai, ada 14 ruas jalan lainyya yang dikerjakan tahun ini.


Diantaranya ruas jalan gunung Perak-Balakia Sinjai Barat 0,250 km, ruas Kompang-Pattongko Sinjai Tengah 0,180 km yang bersumber dari Dana Alokasi Daerah (DAK).


Selanjutnya, ruas Tobeni-Biroro 2,95 km, ruas Kolasa-Lengkese 2,09 km, ruas Passahakue-Maccini 1,65 km, masing-masing di Kecamatan Sinjai Timur.


Ruas Lita-litae-Gofa 1,17 km di Kecamatan Sinjai Selatan. Kemudian ruas Barambang air terjun sepanjang 1 km, ruas Karumassing-Bonto Katute 3,100 km, dan ruas Barambang air terjun 0,830 km di Sinjai Borong.


Sedangkan untuk wilayah perkotaan yang telah rampung dikerjakan, di antaranya ruas Balle-Bulu Tanah Sinjai Utara 1,45 km, ruas Bulu Lasiai 1,650 km, ruas Bulu Bicara 1,450 kKm, ruas Jalan Flamboyan 0,70 km, ruas Jalan Hasanuddin 1 0,280 km di Kecamatan Sinjai Utara yang bersumber dari Dana Infrastruktur Daerah. 

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI