Bertahun-tahun Rusak, Jalan Pelosok Sinjai Akhirnya Diperbaiki, Warga: Pemerintah saat Ini Sangat Peduli

10/16/2021 | 23:18 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Sebagian warga Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan pasti tidak asing dengan Jalan Babara-Macconggi. Jalan yang terletak di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan terkenal karena kerusakannya yang parah. 


Bertahun-tahun jalan tersebut rusak namun tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Tak jarang jalan rusak tersebut menyebabkan menimbulkan debu ketika musim kemarau dan seperti kubangan kerbau saat musim hujan.


Setelah bertahun-tahun rusak, akhirnya Jalan tersebut tersentuh pekerjaan Hotmix di tahun 2021 dengan panjang 2,05 km atau di masa kepemimpinan Andi Seto Asapa selaku Bupati Sinjai. 


Salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten Sinjai, Nurfadillah ini mengaku sangat senang dan bahagia karena jalan di kampungnya kini telah mulus. 


"Saya masih ingat, jalan di sini sudah rusak sejak masih SD. Sekarang, Alhamdulilah sudah bisa merasakan jalan mulus saat saya sudah berstatus mahasiswi," katanya saat ditemui media ini, Sabtu, (16/10/2021)


Dillah sapaan akrabnya, menceritakan bahwa dahulu, kondisi jalan di kampungnya sangat sulit dilalui karena kondisinya rusak dan dipenuhi kerikil yang dinilai dapat membahayakan pengendara jika melintas.


"Apalagi kalau hujan, kondisinya licin dan membahayakan pengendara. Tapi sekarang sudah tidak lagi," sambung mahasiswi semester 7 ini.


Olehnya itu, ia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah setempat, terkhusus ke Bupati ASA.


"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Bupati (ASA-read), karena di masa kepemimpinan beliau, saya sudah bisa merasakan jalan hotmix di kampung," ucapnya.


Jadi sekarang kata Dillah, dirinya mengaku sudah bisa menempuh perjalanan ke kota Sinjai dengan waktu yang lebih cepat dari sebelumnya.


"Beda dengan dulu, biasa lama baru bisa sampai ke kota. Tapi sekarang alhamdulilah sudah bisa cepat sampai jika pergi kuliah ke kampus," pungkasnya.


Selain ruas jalan Babara-Macconggi di Kelurahan Sangiasseri Kecamatan Sinjai Selatan, dari data Dinas PUPR Sinjai, ada 14 ruas jalan lainyya yang dikerjakan tahun ini.


Diantaranya ruas jalan gunung Perak-Balakia Sinjai Barat 0,250 km, ruas Kompang-Pattongko Sinjai Tengah 0,180 km yang bersumber dari Dana Alokasi Daerah (DAK).


Selanjutnya, ruas Tobeni-Biroro 2,95 km, ruas Kolasa-Lengkese 2,09 km, ruas Passahakue-Maccini 1,65 km, masing-masing di Kecamatan Sinjai Timur.


Ruas Lita-litae-Gofa 1,17 km di Kecamatan Sinjai Selatan.


Kemudian ruas Barambang air terjun sepanjang 1 km, ruas Karumassing-Bonto Katute 3,100 km, dan ruas Barambang air terjun 0,830 km di Sinjai Borong.


Sedangkan untuk wilayah perkotaan yang telah rampung dikerjakan, di antaranya ruas Balle-Bulu Tanah Sinjai Utara 1,45 km, ruas Bulu Lasiai 1,650 km, ruas Bulu Bicara 1,450 kKm, ruas Jalan Flamboyan 0,70 km, ruas Jalan Hasanuddin 1 0,280 km di Kecamatan Sinjai Utara yang bersumber dari Dana Infrastruktur Daerah (DID).

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI