Kadis Kesehatan Sinjai Komitmen Sukseskan Program Layanan Kesehatan Masyarakat yang Diciptakan Bupati ASA

1/18/2022 | 16:29 WIB

Bagikan:

 

Kadis Kesehatan Sinjai Komitmen Sukseskan Program Layanan Kesehatan Masyarakat yang Diciptakan Bupati ASA

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berharap agar masyarakatnya pro aktif berkomunikasi dengan pihak puskesmas disejumlah wilayah kecamatan untuk menyampaikan keluhannya, baik dari segi pelayanan kesehatan secara administrasi atau kondisi kesehatan secara fisik dengan rutin.


Pasalnya menurut Bupati Sinjai, pemerintah kabupaten telah menggelontorkan anggaran hingga milyaran rupiah pertahunnya untuk jaminan kesehatan masyarakat secara gratis yang tertuang dalam bentuk program BPJS


Harapannya agar tidak ada lagi masyarakatnya yang mengalami pelayanan kesehatan yang buruk  atau ada warganya yang masih sulit mengakses layanan kesehatan yang diatas standar


"Sampai saat ini saya menunggu keluhan masyarakat terkait kondisi kesehatanya dan apakah sudah mendapatkan layanan yang standar atau bagaimana, dan layanan pengaduan bagi masyarakat kami buka dan tidak ingin ada lagi masyarakat yang mengeluh soal layanan kesehatan di kabupaten sinjai," ungkapnya.


Menurutnya Pemkab Sinjai menggelontorkan anggaran milyaran rupiah pertahunnya juga menyediakan anggaran untuk tenaga kesehatan di setiap desa terpencil, itu merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat agar terpenuhi


"Saya tidak mau lagi ada warga saya yang mengeluh atas layanan kesehatan di setiap pos kesehatan di setiap wilayah terpencil, dan saya selaku bupati harus dan wajib menjaga kondisi kesehatan wargaku karena itu adalah merupakan kebutuhan dasarnya," ujarnya.


Oleh karena itu, pelayanan masyarakat yang berbasis home care home visit akan terus dikembangkan, sehingga dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat untuk membangun dan meningkatkan kebersamaan, kepedulian, serta semangat gotong royong yang akhirnya dapat memenuhi layanan dasar masyarakat, seperti kesehatan.


Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik memastikan terjaminnya kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, Pemkab Sinjai masih terus menjalankan sejumlah program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA).


Salah satunya adalah program home care dan home visit yang merupakan program prioritas di bidang kesehatan. Program ini telah berjalan sejak awal kepemimpinan Bupati ASA. dan Program ini terbukti sangat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat Kabupaten Sinjai


Terpisah Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sinjai H. Mahyuddin saat ditemui, menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 tidak berpengaruh terhadap capaian program unggulan Pemerintah Daerah khususnya di bidang kesehatan.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI