5 Negara Terkorup di Asia, Ternyata Indonesia Menempati Posisi ini!

6/26/2022 | 14:43 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.Com-- Kasus Korupsi saat ini menjadi salah satu permasalahan yang harus dihadapi setiap negara di dunia tak terkecuali Indonesia.


Di Indonesia ada begitu banyak kasus korupsi yang ditemukan setiap hari, baik itu di tingkat pejabat tinggi hingga daerah.


Penasaran negara Asia mana saja yang memiliki indeks korupsi terbesar? Berikut lima negara paling korup di Asia.


Sebagai informasi, penilaian ini berdasarkan International Global Corruption Barometer for Asia dengan satuan persen indeks.



1. India


Urutan pertama negara terkorup di Asia dipegang oleh India.


Tak tanggung-tanggung, negara dengan ikon Taj Mahal ini mempunyai skor indeks korupsi mencapai 39 persen.


Indikasi kuat mengapa skor India terbilang tinggi adalah kasus penyuapan pada sektor pelayanan publik masih terus terjadi.


Warga India bahkan mengungkapkan mereka harus menggunakan koneksi pribadi dan suap untuk mendapatkan pelayanan yang baik.


2. Kamboja


Kamboja menempati posisi kedua sebagai negara paling korup di Asia.


Skor indeks korupsi yang didapat oleh negara ini adalah 37 persen. 


Tingginya skor indeks korupsi Kamboja tak lepas dari praktik korupsi yang sudah menjadi hal lumrah dalam kehidupan sehari-hari seperti lalu lintas, pengadilan, pelayanan medis, dan masih banyak lainnya.


Walaupun begitu, pemerintah dari negara berbentuk monarki konstitusional tersebut terus berupaya untuk memberantas korupsi.


Salah satu caranya yaitu dengan disahkannya Undang-Undang Anti Korupsi pada tahun 2010.


3. Indonesia


Tak disangka-sangka, posisi negara terkorup di Asia ketiga dipegang oleh Indonesia dengan skor indeks korupsi sebesar 30 persen.


Hal yang membuat skor indeks korupsi Indonesia cukup tinggi adalah lemahnya penegakan hukum bagi para koruptor di tanah air.


Tak hanya itu, aturan yang kerap berubah-ubah menjadi permasalahan serius lainnya yang perlu diperhatikan pemerintah dalam memberantas tingkat korupsi di Indonesia yang masih tinggi.


4. Tiongkok


Kasus korupsi di Tiongkok masih menjadi salah satu permasalahan serius yang dihadapi oleh Xi Jinping dan kabinetnya.


Berdasarkan data dari International Global Corruption Barometer for Asia, Tiongkok memiliki skor indeks korupsi sebesar 28 persen.


Angka tersebut terbilang masih cukup tinggi walau negara tirai bambu sudah menerapkan hukuman mati bagi para koruptor.


5. Thailand


Posisi negara terkorup di Asia terakhir ‘diisi’ oleh Thailand.


Negara gajah putih ini mempunyai indeks korupsi mencapai 24 persen.


Hal ini bisa terjadi karena praktik suap menyuap menjadi salah satu masalah yang masih terjadi dan tengah dibenahi oleh pemerintah Thailand.


Sejauh ini, langkah yang diambil terbilang berhasil mengingat Thailand dapat menurunkan skor korupsinya dibanding tiga tahun terakhir.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI