TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pangandaran Gempa Bumi 4,9 Magnitudo, Getaran Dirasakan Dibeberapa Daerah Tetangga

 

Ilustrasi (Google)

INSTINGJURNALIS.COM   Wilayah Kabupaten Pangandaran, pada Senin (17/4) sekitar pukul 11.38 WIB diguncang gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo.


Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,9 magnitudo. 


Episenter gempa terletak pada koordinat 8.36 LS dan 107.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 97 km Baratdaya Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman 24 km. 


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut," ucapnya dalam keterangan resminya.


 Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Garut, Pangalengan, Pangandaran, Tasikmalaya, Cijulang, Pamengpeuk, dan Cikajang dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 


"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujarnya. 

Hingga pukul 12:06 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 



Dirinya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya. (Jpnn)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.