TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Keutamaan Berkurban dan Janji Allah bagi yang melaksanakannya

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Dalam agama Islam, berkurban merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT bagi umat-Nya yang mampu. Perintah berkurban ini memiliki nilai dan makna yang mendalam, yang melibatkan ketakwaan, pengorbanan, dan keikhlasan dalam beribadah.


Perintah berkurban ditegaskan dalam Al-Quran dan hadis-hadis Rasulullah ﷺ. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Hajj, ayat 37, "Allah tidak memerlukan darah dan daging binatang korban itu, tetapi yang dikehendaki-Nya adalah ketakwaan dari kamu." Dalam ayat ini, Allah mengingatkan umat-Nya bahwa kurban bukanlah semata-mata mengenai daging dan darah hewan yang dikorbankan, melainkan lebih pada kesadaran dan ketakwaan kita kepada-Nya.


Berkurban juga merupakan bentuk pengorbanan yang mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Kehidupan Nabi Ibrahim AS yang penuh dengan ujian dan pengorbanan memberikan contoh bagi kita dalam memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT. Ketika Nabi Ibrahim AS siap untuk mengorbankan putranya, Allah menggantinya dengan seekor domba sebagai tanda penghormatan dan kepatuhan yang sempurna.


Melalui berkurban, umat Islam diperintahkan untuk menyadari pentingnya keikhlasan dan ketulusan dalam beribadah. Berkurban bukanlah sekadar memberikan hewan korban, tetapi juga menunjukkan rasa syukur dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Niat yang ikhlas dan perbuatan yang benar saat berkurban menjadi kunci dalam mendapatkan pahala dan keberkahan yang besar.


Selain itu, berkurban juga memiliki dimensi sosial yang penting. Bagi mereka yang mampu, berkurban adalah kesempatan untuk berbagi rezeki dengan sesama. Daging hewan kurban dapat didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan, sehingga dapat memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi mereka. Hal ini mencerminkan nilai kepedulian, kebersamaan, dan solidaritas dalam masyarakat Muslim.


Dalam kesimpulannya, perintah berkurban bagi umat Islam adalah sebuah ibadah yang sarat dengan nilai-nilai spiritual, pengorbanan, dan kepedulian sosial. Ibadah ini mengajarkan kita tentang pentingnya ketakwaan, keikhlasan, dan kebersamaan dalam beribadah kepada Allah SWT. Semoga dengan melaksanakan ibadah berkurban dengan penuh keikhlasan, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keberkahan-Nya.


Berikut ini adalah beberapa ayat Al-Quran dan hadis yang berkaitan dengan perintah berkurban:


Ayat Al-Quran tentang berkurban:

"Allah tidak memerlukan darah dan daging binatang korban itu, tetapi yang dikehendaki-Nya adalah ketakwaan dari kamu. Maka, mohonlah kepada Allah ketakwaan dan sempurnakanlah ibadah haji dan kurban itu kerana Allah. Dan berilah berita gembira kepada orang-orang yang berbuat kebajikan." (Surah Al-Hajj, ayat 37)


Hadis tentang berkurban:

Dari Ummu Salamah, ia berkata: "Wahai Rasulullah, aku memperhatikan bahawa engkau sering berkurban. Apakah kurbannya boleh diambil dari mana saja?" Nabi Muhammad ﷺ menjawab, "Kurban boleh diambil dari binatang apa saja yang bermuka dua dan tidak cacat." (Hadis Riwayat Ahmad)


Dari Zaid bin Arqam, ia berkata: "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban tetapi ia tidak melakukannya, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami'." (Hadis Riwayat Ahmad)


Dari Abu Hurairah, ia berkata: "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Barangsiapa yang berkurban dengan tulus ikhlas karena Allah, maka ia akan mendapatkan pahala yang sebesar gunung Uhud.'" (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)


Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Setiap orang yang berkurban karena Allah dan menyembelihnya dengan sebenar-benar memikirkan pahala dan keberkahan, maka ia akan mendapatkan pahala yang sempurna dan diterima oleh Allah sejak ia meletakkan pisau di lehernya hingga darah hewan tersebut jatuh.'" (Hadis Riwayat Tirmidzi)


Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata: "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Sesungguhnya Allah mewajibkan bagi setiap orang yang mampu untuk berkurban pada hari raya kurban. Barangsiapa yang tidak melakukannya, maka janganlah dia mendekati tempat kami untuk shalat.'" (Hadis Riwayat Tirmidzi)


Demikianlah beberapa ayat Al-Quran dan hadis yang berkaitan dengan perintah berkurban. Berkurban merupakan ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam sebagai tanda ketaqwaan kepada Allah dan sebagai bentuk pengorbanan diri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


Oleh karena itu, perintah berkurban bagi umat Islam merupakan panggilan untuk menghidupkan semangat ibadah, ketaqwaan, dan pengorbanan dalam diri kita. Ibadah ini tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan solidaritas dalam masyarakat.


Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah kurban dengan niat yang ikhlas dan tulus, serta mengambil hikmah dan pelajaran yang mendalam dari perintah berkurban. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, menjadikan kita umat yang taat dan bertakwa, serta memberikan berkah dan rahmat-Nya kepada seluruh umat Islam.



- GABUNG BERSAMA INSTING JURNALIS COMMUNITY 

- JADWAL, KLASEMEN, SKOR LIGA 1 INDONESIA 2023 - 2024

- BERLANGGANAN BERITA INSTING JURNALIS

Komentar0