TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

IPI Pastikan NA-ASS Pemenang Pilgub

IPI Pastikan NA-ASS Pemenang Pilgub
INSTINGJURNALIS.com, MAKASSAR - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Nomor Urut 3, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) keluar sebagai pemenang versi hitung cepat atau quickcount Indeks Politica Indonesia (IPI).

NA-ASS unggul dengan prediksi perolehan suara sebanyak 42%. Sementara posisi kedua ditempati pasangan Nurdin Halid-Abdul Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) dengan prediksi perolehan suara sebanyak 27,6%.

Adapun pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) harus puas berada di peringkat ketiga dengan prediksi perolehan suara mencapai 21,3%. Sementara posisi buncit ditempati pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (AAN-TBL) dengan prediksi perolehan suara hanya 9,1%.

Pada saat angka di atas ditulis jumlah data hitung cepat yang masuk sebanyak 88,9%. Dengan margin of error +/- 1%.

"Melihat hasil hitung cepat, serta mempertimbangkan selisih suara antar paslon, maka tanpa bermaksud mendahului KPU, IPI memprediksi pasangan NA-ASS menang telak pada Pilkada hari ini," kata Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir dalam konferensi persnya di Hotel Swiss-belinn, Makassar, Rabu (27/6/2018).

Hitung cepat adalah salah satu cara memprediksi hasil pemilu dengan menjadikan hasil perhitungan suara di sebagian TPS sebagai sampel untuk mewakili seluruh populasi TPS di lokasi dimana pemilu dilaksanakan.

Dalam hitung cepat Pilkada Sulsel, IPI menggunakan sampel 5.999 TPS (35%) dari total 17.140 TPS yang tersebar secara proporsional di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. (*)

Type above and press Enter to search.