Puluhan Pelaku Usaha Ikuti Seminar Perekonomian, Ini Kata Bupati Sinjai

2/21/2019 | 12:57 WIB

Bagikan:
Puluhan Pelaku Usaha Ikuti Seminar Perekonomian, Ini Kata Bupati Sinjai
Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa

INSTINGJURNALIS.com
- Puluhan pelaku usaha dan masyarakat umum mengikuti seminar perekonomian  yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Bagian Perekonomian Setdakab Sinjai, Kamis (21/2/2019) di Gedung Pertemuan Hotel Sinjai.

Seminar ini mengangkat tema "Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif dalam Membuka Lapangan Kerja dan menghadapi Tantangan Era Industri 4.0".

Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Sinjai, Andi Tenri Rawe, mengatakan, tujuan seminar perekonomian ini, untuk
menumbuh kembangkan UMKM dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sinjai.

Terutama dalam meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan melalui teknologi informasi atau media online, membentuk masyarakat Sinjai umumnya dan pelaku UMKM khususnya untuk dapat menerapkan keahlian digital secara menyeluruh.

" Jadi seminar ini bagaimana membentuk masyarakat Sinjai dan pelaku usaha untuk dapat menerapkan pengertian digital secara menyeluruh, sehingga dapat melahirkan masyarakat yang berkarakter jujur, bermoral dan profesional di era industri 4.0," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa saat membuka seminar tersebut, mengaku mengapresiasi kegiatan ini karena mendorong masyararakat untuk berwirausaha sesuai dengan visi misi Pemkab Sinjai dalam menciptakan 1000 Wirausaha.

Ia mengatakan, saat ini dunia telah memasuki era industri ekonomi kreatif industri yang diprediksi akan menjadi industri masa depan yang menekankan pada gagasan dan ide kreatif.

Andi Seto menegaskan akan terus berkomitmen dengan program penciptaan wirausaha di Kabupaten Sinjai. Terbukti dengan pelatihan jahit menjahit bagi wirausaha muda yang telah diberikan kepada 60 perserta yang terdiri dari 40 orang, Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri dengan Pola Pendampingan bagi Orang Tua Pekerja Anak, dan 20 orang wirausaha muda, pada pertengahan Oktober 2018 lalu.

" Inshaa Allah, akan kami laksanakan di program-program yang ada dalam penciptaan wirausaha karena saat ini Kerjasama kami dengan perbankan untuk akses permodalan sudah berjalan ke wirausaha di Kabupaten Sinjai," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Andi Seto juga memberikan gambaran singkat terkait geografis dan potensi wilayah yang ada di Sembilan Kecamatan dihadapan para Narasumber.

Narasumber pada seminar ini diantaranya, Ketua Umum Kamar dagang dan industri (Kadin) Sulsel H. M. Zulkarnain Arif, Kepala Biro Perekonomian Setprov Sulsel Dr. Since Erna Lamba, dan Direktur Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua Dani Surya Sinaga.

Pemateri lainnya adalah Owner Deng Jamur dan Honey Bani, Raden Sastra Darmakusumah, dan Trainer e-commerce Bukalapak Makassar Muhammad Hambali. (adv)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI