JK Respon Baik Pendirian Museum Jenderal M. Jusuf

28 June 2019 | 20:13 WIB

Bagikan:
JK Respon Baik Pendirian Museum Jenderal M. Jusuf


INSTINGJURNALIS.com - Demi merangkai fakta lebih mendalam tentang sosok mendiang Jend Purn M Yusuf, Tim Penyusun Story Line atau pengkaji pendirian museum Jenderal M. Jusuf berupaya menelusuri jejak dari beberapa tokoh yang dikenal dekat dengan M Yusuf semasa hidupnya.

Tim yang terdiri dari Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf Suwarno, Dosen Arkeologi Unhas Yadi Mulyadi, Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Makassar Asmunandar, Pusat Kajian Arkeologi untuk Masyarakat, Andi Oddang, serta Paur Prod Penrem Korem Bone, Lettu ARH Darwis datang menemui Wapres RI Jusuf Kalla dalam rangka melaporkan hasil kajian Studi Kelayakan Pendirian Museum Jenderal M. Jusuf.

"Museum Jenderal M. Jusuf Layak didirikan. Laporan langsung Kami berikan ke Bapak Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, dan Respon beliau sangat menyetujui rencana pendirian museum ini," kata  Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf Suwarno, via rilis, Jumat (28/6/2019).

Dalam melengkapi laporan, Tim Penyusun membuat Story Line Jenderal M Jusuf  di Kajuara hingga dimulai dari masak kanak-kanak, Puncak Karir dalam Militer serta Jabatan Penting Lainnya di Indonesia hingga menjadi Tokoh Nasional.

Referensi  story line ini dikumpulkan melalui metode wawancara dengan beberapa narasumber, termasuk Wapres Jusuf Kalla yang dikenal dekat sebagai sesama tokoh bugis kabupaten Bone.

Selain Jusuf Kalla, tim juga menemui Atmadji penulis Buku "Jenderal M. Jusuf, Panglima para Prajurit" serta Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin GP yang berdomisili di Bandung.

Story Line yang nantinya disusun lengkap oleh tim tersebut, baik dari masa kecil Jenderal Yusuf di Kajuara hingga mencapai puncak karir di militer dan jabatan penting lainnya di era Presiden Soekarno dan Soeharto itu akan diperkenalkan ke publik dalam waktu dekat.

"Dari beberapa kunjungan Team ini adalah dalam rangka menyusun Story Line, Penjalan Jenderal M. Yusuf. Story line ini sudah mencapai 70%," ujarnya.

Museum ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengedukasi para siswa, mahasiswa, masyarakat guna mengetahui lebih dekat sosok sang Jenderal M Jusuf yang terkenal Tegas, dan Berani. Karena di Museum nantinya dilengkapi berbagai Story Line dari masa Kecil Jenderal Yusuf di Kajuara hingga mencapai Puncak Karir di Milter dan jabatan penting lainnya di Era President Soekarno dan Soeharto. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI