TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pengamat Sebut Komposisi Kabinet Jilid II Akan Tegaskan Siapa Penguasa Sebenarnya

Pengamat Sebut Komposisi Kabinet Jilid II Akan Tegaskan Siapa Penguasa Sebenarnya
Ilustrasi via Liputan6.com

INSTINGJURNALIS.com - Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, jika benar Jokowi tetap mempertahankan komposisi pembagian kursi menteri antara Profesional dan perwakilan partai secara tidak langsung mengisyaratkan jika Jokowi menolak usulan dari ketum PDIP yang sebelumnya menginginkan pos menteri lebih banyak.

"Meskipun dalam periode pertamanya Jokowi sudah memberikan jumlah menteri lebih banyak kepada PDIP, dengan adanya keputusan mempertahankan komposisi antara profesional dan perwakilan ini sepertinya Jokowi ingin bermain lebih aman, mengingat beberapa menteri yang berasal dari parpol kini tengah berurusan dengan KPK," ujarnya, Kamis (15/8/2019).

Jajat menambahkan, Kehadiran profesional dalam kabinet bisa membuat Jokowi lebih leluasa termasuk dalam merotasi kabinetnya di tengah jalan kelak, hal ini tentu akan berbeda jika berurusan dengan menteri yang berasal dari utusan partai.

Meskipun pada dasarnya penunjukan Menteri merupakan hak prerogatif dari Presiden, Jokowi tidak bisa serta merta menggeser posisi menteri yang berasal dari partai karena akan berdampak kompleks.

“Secara politik periode kedua Jokowi sudah tidak lagi harus bergantung kepada partai politik mengingat ini merupakan periode terakhir. Untuk itu kondisi saat ini justru partai lah yang sebenarnya memerlukan Jokowi dan tidak menutup kemungkinan apa yang terjadi di 2014 yang lalu akan terulang dimana ada kader parpol yang terkena PHP jatah menteri oleh Jokowi”, tutup Jajat. (Us)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.