TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Sawah Petani Kekeringan, TPHP Sinjai Siapkan Pompa Air


INSTINGJURNALIS.com - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai belakangan ini intes turun ke lokasi area persawahan yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang melanda daerah itu.

Untuk menghindari terjadinya gagal panen, TPHP menghimbau kepada para petani agar melaporkan kepada Dinas Tanaman Pangan atau petugas lapangan yang ada di desa maupun tingkat kecamatan agar segera ditindaklanjuti.

“Kami siapkan pompa air untuk petani kita yang butuh sepanjang masih ada sumber air yang bisa disedot untuk area sawah petani agar bisa panen, ” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai Hj.Sitti Marwatiah, Jumat (23/8/19).

Sementara untuk menutupi kerugian bila terjadi gagal panen, petani juga diminta untuk mendaftarkan diri ke Dinas TPHP sebagai peserta asuransi.

Adapun besaran premi asuransi ini sebesar Rp 36 ribu/hektar per tahun, dimana pembayaran premi ini disubsidi oleh sebagian pemerintah  80 persen dan 20 persen dibayar pihak petani.

“Saya harapkan para petani kita untuk masuk asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) karena ini sangat bermanfaat apabila terjadi sesuatu yang kita tidak kehendaki seperti gagal panen,” tandas Marwatiah. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.