TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Berantas Buta Aksara, Pemdes Praja Maju Gandeng Mahasiswa UNM

Mahasiswa UNM dan perangkat Desa Praja Maju bekerja sama berantas buta aksara.

INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Desa Prajamaju, Kec.Dua Boccoe, Kab. Bone bekerjasama dengan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan materi keaksaraan dasar kepada sejumlah warga.

Pemberantasan buta aksara di Kabupaten Bone dilaksanakan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Dua Boccoe dan Ajanggale.
Untuk kecamatan Ajangngale, tersebar di 7 desa yakni Desa Lempangeng, Desa Allamungeng Putue, Desa Timurung, Desa Labissa, Desa Opo, Desa Pinceng Pute dan Desa Manciri.

Sementara di Kecamatan Dua Boccoe tersebar di 4 desa yakni Desa Prajamaju, Desa Panyili, Desa Mario, dan Desa Laccori

"Kegiatan belajar mengajar antara warga dengan mahasiswa UNM untuk pemberantasan buta aksara di Kabupaten Bone, termasuk Desa Prajamaju. Tanggal 18/9 penerimaan, terus tanggal 23/9 pendataan warga buta aksara, dan tanggal 29/9 dikumpulkan untuk pembagian kelompok, minimal 10 warga 1 mahasiswa memberi materi. Kagiatan berlasung kurang lebih dua bulan kedepan," kata Ismail salah satu Perangkat Desa Prajamaju, Minggu (29/09/2019).

Mail mengapresiasi program pemerintah pemberantasan buta aksara, dan berharap program itu dapat berjalan dengan baik dan tuntas. Selain itu, ia berharap. "Dengan adanya program itu di Bone dapat betul-betul mengurangi warga buta aksara di Bumi Arung Palakka termasuk di Desa Prajamaju," tambahnya

Sebelumnya, mahasiswa jurusan PLS FIP UNM menjalankan program perguruan tinggi mengabdi, dimana kali ini terfokus pemberantasan buta aksara.

Sekedar informasi, jumlah warga buta aksara di Kabupaten Bone, masih terbilang tinggi. Tidak tanggung-tanggung mencapai 22.783 orang.

Usia buta aksara di Bone, rata-rata 15 hingga 58 tahun. Sementara, daerah yang terbanyak warga buta aksara di Bumi Arung Palakka berada di Kecamatan Ajangale, Dua Boccoe, dan Tellu Siattinge.

(Muhammad Ram)

Type above and press Enter to search.