Oktober, Disparbud Sinjai Gelar Tiga Event Budaya

06 September 2019 | 12:12 WIB

Bagikan:
Oktober, Disparbud Sinjai Gelar Tiga Event Budaya

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bakal menggelar tiga event budaya pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Tiga event budaya itu yakni, pesta adat Marimpa Salo di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur,  Mappogau Sihanua di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo dan Pesta adat Mappogau Hanua di Lingkungan Bongkong Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah.

Kepala Disparbud Sinjai, Haerani Dahlan, menuturkan, khusus untuk pesta adat Marimpa Salo pelaksanaannya akan digelar pada 10 Oktober 2019. Event ini sudah terdaftar dalam kegiatan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, juga merupakan agenda tahunan Kabupaten Sinjai.

Dikatakan Haerani bahwa inti dari kegiatan ini sama tahun-tahun sebelumnya namun yang membedakan adalah ada beberapa rangkaian kegiatan yang mengawali kegiatan pesta adat tersebut.

“Nanti ada beberapa acara tambahan yang mengawali inti dari pesta adat tersebut seperti tari pesisir,  lomba tangkap bebek,  festival layang-layang dan acara lainnya sesuai dengan ide dan kreativitas pemerintah setempat, ” katanya saat menggelar Rapat persiapan di Aula Kantor Disparbud Sinjai,  Jumat (6/9/2019).

Haerani berharap, nantinya dengan kerjasama dan dukungan dari Kementerian Pusat Pariwisata Dan Kebudayaan, Pesta Adat Marimpa Salo bisa masuk sebagai salah satu Event Budaya Nasional di Indonesia.

Rapat ini turut dihadiri Sekretaris Disparbud Sinjai, perwakilan dari Diskominfo, Bagian Humas Setdakab, Camat Sinjai Timur,  Camat Sinjai Tengah,  Camat Bulupoddo, Lurah Samaenre,  Kepala Desa Sanjai, Kepala Desa Tompobulu dan Pemuka adat. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI