Bahas Bencana, Pramuka Cabang Sinjai Libatkan BPBD

12/21/2019 | 18:40 WIB

Bagikan:
Bahas Bencana, Pramuka Cabang Sinjai Libatkan BPBD

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 80 orang pelajar yang tergabung dalam Pramuka Cabang Sinjai yang tersebar dibeberapa sekolah di Kabupaten Sinjai mengikuti pelatihan kebencanaan, di Kawasan Pantai Bilokkong Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Sabtu, (21/12/2019).

Kegiatan ini melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai sebagai pemateri dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai Syamsul Ahmad, menyatakan pemahaman tentang kebencanaan merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam penanggulangan bencana.

Sebab, menurut Syamsul dengan peningkatan kapasitas SDM melalui pemahaman tentang dasar-dasar kebencanaan, maka jelas akan dapat mengurangi resiko, baik pra, saat terjadi maupun pasca bencana.

"Dengan mengenali bencana maka dapat dilakukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaannya, jadi jelas bukan hanya dikalangan masyarakat atau lembaga saja yang wajib mengetahui kebencanaan tapi para siswa pun wajib untuk diberikan pengetahuan," ungkapnya.

Oleh karena itu, Sul sapaan akrab Syamsul Ahmad berharap, melalui kegiatan ini, seluruh peserta dapat menambah pengetahuan tentang kebencanaan, dan kemitraan antara Pramuka Cabang Sinjai dan BPBD makin ditingkatkan.

"Yang tak kalah pentingnya lagi, semoga dengan Gerakan pramuka yang selama ini sudah berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam program penanggulangan bencana terutama melalui aksi Pramuka Peduli, dapat meningkatkan kepekaan terhadap kondisi sekitar," ketusnya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI