TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Aduh! Kapal China Langgar Wilayah ZEE Indonesia

Aduh! Kapal China Langgar Wilayah ZEE Indonesia
Kapal-kapal Tiongkok kembali melakukan pelanggaran di wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna.

INSTINGJURNALIS.com - Kapal-kapal Tiongkok kembali melakukan pelanggaran di wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna.

Pernyataan itu ditegaskan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai rapat dengan kementerian terkait.

"Kami baru saja melakukan rapat koordinasi untuk menyatukan dan untuk memperkuat posisi Indonesia dalam menyikapi situasi di perairan Natuna. Dalam rapat tersebut kita menekankan kembali, pertama telah terjadi pelanggaran oleh kapal-kapal Tiongkok, di wilayah ZEE Indonesia," kata Menlu Retno di Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat,(3/1/2020) dilansir Antaranews.

Menurut Retno wilayah ZEE Indonesia sudah ditetapkan oleh hukum internasional yaitu melalui dasar Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).

"Tiongkok merupakan salah satu party dari UNCLOS 1982, oleh karena itu merupakan kewajiban Tiongkok untuk menghormati implementasi dari UNCLOS 1982," ujarnya menegaskan.

Kemudian, Indonesia kata dia tidak pernah akan mengakui nine dash-line, klaim sepihak yang dilakukan oleh Tiongkok.

"Klaim sepihak yang dilakukan Tiongkok, yang tidak memiliki alasan hukum yang diakui oleh hukum internasional terutama UNCLOS 1982," tuturnya. (**)

Editor : Al Dafa

Type above and press Enter to search.