Pemkab Sinjai Kaji Penerapan 'New Normal'

5/28/2020 | 20:46 WIB

Bagikan:
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai tengah melakukan kajian untuk penerapan 'New Normal' atau era normal baru, sebagaimana rencana Pemerintah Pusat.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) saat memimpin rapat bersama Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 memaparkan
kebijakan pemberlakuan new normal berdasarkan Keputusan Mendagri nomor 440 - 830 tahun 2020 tentang pedoman tatanan baru produktif dan aman dari covid-19 bagi ASN di Lingkup Kemendagri dan Pemerintah Daerah.

Meski begitu, pihaknya tak ingin gegabah dalam mengambil sikap terkait penerapan itu. Sebab kata ASA, kebijakan new normal dapat diterapkan di Bumi Panrita Kitta dengan melakukan kajian terlebih dahulu.

Bahkan Bupati ASA, melalui Video Conference, meminta kepada para Camat untuk melakukan pengkajian diwilayah masing-masing dengan melibatkan unsur tripika dan Dinas Kesehatan.

"Selama dua minggu kedepan kita akan lakukan pengkajian sebelum menerapkan kebijakan new normal ini sehingga kami harap seluruh Camat dapat memahami aturan dari Permedagri dan menyiapkan segala sesuatunya sebelum diterapkan," ujarnya.

Dia menyatakan persiapan penerapan new normal harus dipersiapkan secara matang. Pasalnya, dia tidak ingin penerapan new normal malah membuat penanganan COVID-19 menjadi tidak terkendali.

Pemberlakuan new normal harus diimbangi kebiasaan baru dengan menyiapkan segala perlengkapan dan fasilitas yang ada sehingga protokol kesehatan tetap dapat diterapkan terkhusus di fasilitas umum.

"Setidaknya tempat cuci tangan sudah harus disiapkan di fasilitas umum, tetap menjaga jarak dan juga harus didukung kesadaran mengenakan masker. Tanpa kedisiplinan dan kesadaran masyarakat, sulit memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata ASA.

Olehnya itu dia berharap kepada seluruh pihak untuk mulai beradaptasi dalam persiapan pemberlakukan new normal ini sehingga dalam penerapannya nanti dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

Rapat ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong,  Ketua DPRD Sinjai Drs. Lukman H. Arsal,  para Forkopimda,  Sekda Sinjai Drs. Akbar, Kepala Kemenag Sinjai,  H. Abd. Hafid,  Ketua MUI Sinjai Drs. H. Abd. Hamid DM dan para Kepala OPD. (*)

Editor : Satria

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI