Sederet Prestasi yang Ditorehkan Suryanto Asapa Selama Menjabat Kadis Kesehatan

6/01/2020 | 12:33 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.com - 
Kalimat pendek yang akan didapati oleh setiap orang yang mejalani sebuah ikatan dinas dengan Pemerintah atau Negara yaitu Purna Bakti, atau yang lebih dikenal dengan Pensiun adalah masa dimana seseorang  yang telah menyelesaikan masa tugas untuk mengabdi di sebuah instansi Pemerintahan. 

Hal itu juga didapati oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa. Pria berusia 60 tahun ini telah menyelesaikan masa tugasnya selama menjadi abdi negara per 1 Juni 2020.

Meski begitu, Purna Bakti bukanlah akhir dari segala aktivitas seseorang dalam bidang yang digelutinya. Ia bisa terus berkarya dan bersinergi dalam bidang tersebut namun dalam kondisi, tempat atau jalan yang berbeda.

Dr. Dedet sapaanya diketahui menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Sinjai pada tahun 2015 hingga 2020. Selama itu pulah, dia telah menorehkan segudang prestasi di bidang kesehatan. Dia juga dikenal sangat disiplin dalam bekerja.

Instingjurnalis.com menelusuri sejumlah prestasi yang telah ditorehkan selama dirinya menjabat sebagai Kadis Kesehatan diantaranya pada tahun 2016, dr. Dedet sukses memberikan binaan kepada sejumlah puskesmas sehingga mendapat penilaian Akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

Dari hasil penelusuran, sedikitnya ada empat Puskesmas pada waktu itu mendapat status akreditasi, seperti Puskesmas Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong dengan Status Akreditasi Dasar dari Kementrian Kesehatan.

Puskesmas Manimpahoi, Kecamatan Sinjai Tengah dengan Status Akreditasi Madya, Puskesmas Kampala, Kecamatan Sinjai Timur dengan Status Akreditasi Madya, dan Puskesmas Bulupoddo dengan Status Akreditasi Madya.

Sementara untuk tahun 2017, berikut prestasi Dinas Kesehatan Sinjai:

[CUT]
1. Penghargaan Rumah tunggu kelahiran Top 40 tingkat nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

2. Penghargaan Tumah tunggu top 99 tingkat nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

3. Penghargaan Dokter Teladan Terbaik II tingkat Nasional dari Kementrian Kesehatan RI

4. Penghargaan Dokter Teladan terbaik 1 tingkat Provinsi dari Gubernur Sulsel

5. Penghargaan Laboratorium Teladan Terbaik III Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan

6. Penghargaan Laboratorium Teladan Terbaik I tingkat Provinsi Sulsel dari Gubernur Sulsel

7. Puskesmas Lappadata, Kecamatan Sinjai Tengah dengan Status Akreditasi Utama dari Kementrian Kesehatan.

8. Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan dengan status Akreditasi Utama

9. Puskesmas Samataring Kecamatan Sinjai Timur dengan status Akreditasi Madya

10. Puskesmas Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur dengan status Akreditasi Madya

11. Puskesmas Borong K , Kecamatan Sinjai Borong dengan status Akreditasi Utama

12. Penghargaan Lomba senam sehat bugar terbaik 6 tingkat Provinsi Sulsel dalam rangka Hari Kesehatan Nasional dari Gubernur Sulsel

13. Penghargaan Lomba Lansia sehat terbaik I tingkat Provinsi Sulsel dari Gubernur Sulael

14. Penghargaan Program Imunisasi Terbaik III Tingkat Provinsi dari Gubernur Sulsel

15. Pengelola Program Surveilans Terbaik I tingkat Provinsi Sulsel dari Gubernur Sulsel

16. Penghargaan Perangkat Daerah hasil evaluasi kinerja pelayanan Publik tahun 2017 kategori perangkat daerah yang menerapkan Standart pelayanan minimal terbaik II dari Gubernur Sulsel

17. Penghargaan Kabupaten/kota dengan pengelolaan program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa tahun 2017 terbaik pertama dari Gubernur Sulsel.

Tahun 2018

1. Puskesmas Manipi, Kecamatan Sinjai Barat  meraih status Akreditasi Madya dari Kementrian Kesehatan

2. Puskesmas Aska, Kecamatan Sinjai Selatan status Akreditasi Madya

3. Puskesmas Manannti dengan Status Akreditasi Madya

4. Puskesmas Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara Akreditasi Madya

5. Puskesmas Pulau Sembilan Status Akreditasi Madya

6. Puskesmas Tengga Lembang, Kecamatan Sinjai Barat Status Akreditasi Utama

7 Penghargaan MLM IVA SADANIS Top 99 tingkat Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sedangkan di Tahun 2019, dr. Dedet juga sukses membawah tiga puskesmas Re-Akreditasi menuju status Akreditasi Paripurna. Masing-masing puskesmas itu adalah, Puskesmas Manimpahoi, Puskesmas Re Akreditasi Puskesmas  Bulupoddo, Puskesmas Kampala. Kemudian Pukesmas Biji Nangka dengan Status Akreditasi Utama.

Tak hanya itu, satu klinik yang ada di Kabupaten Sinjai yakni, Klinik An-Nur berhasil meraih Akreditasi Utama dari Kementerian Kesehatan.

(Satria)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI