Pemkab Sinjai : Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19 Terapkan Protokol Kesehatan

7/24/2020 | 16:53 WIB

Bagikan:
Pemkab Sinjai : Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19 Terapkan Protokol Kesehatan

INSTINGJURNALIS.com - Tidak lama lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha. Salah satu ritual yang digelar dalam hari raya yang juga dikenal sebagai lebaran haji ini adalah berkurban.

Namun yang berbeda pada Idul Adha pada tahun ini, perayaan digelar masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sinjai tetap mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Pemkab Sinjai menjadwalkan pelaksanaan shalat Idul Adha dipusatkan di Islamic Center Lingkungan Tanassang Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Demikian diungkapkan, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI)  Sinjai, H. Mukhlis Isma. Dia mengatakan, pelaksanaan salat ied dimasa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara ketat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tahun ini pelaksanaannya agak berbeda dikarena adanya pandemi sehingga pelaksanaan salat Idul adha dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19, begitupun pada saat penyembelihan hewan kurban tetap menggunakan prosedur yang telah kita sepakati agar tidak terjadi kerumunan ditempat penyembelihan," jelasnya.

Dalam pelaksanaan salat Ied yang dipusatkan di Masjid Islamic Center diharapkan pihak panitia mengatur jarak shaf jemaah serta menyiapkan tempat wudhu dan tempat cuci tangan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab ini menambahkan bahwa masjid lain yang berada di Sinjai tetap diperkenankan untuk dibuka namun diharapkan pihak panitia masjid agar kiranya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghidari penularan Covid-19.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Akbar saat memimpin kerja bakti massal di Kawasan Islamic Center, Jumat (24/7/2020) pagi tadi mengatakan bahwa seluruh apatur pemerintahan melaksanakan aksi pembersihan di area Masjid Islamic Center yang menjadi lokasi pelaksanaan shalat ied pada Jumat pekan depan (31/7/2020).

"Hari ini kita libatkan semua aparat untuk ikut membersihkan area masjid agar pelaksabaan shalat idul adha nantinya  tertata dengan rapi dan jemaah bisa shalat dengan nyaman. Jika jemaah membludak area depan masjid kita gunakan dan jika kondisi hujan maka kolong masjid juga bisa kita gubakan untuk shalat, " katanya. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI