TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Ketua KPU: Selayar Rawan Pelanggaran di Pilkada 2020

.
INSTINGJURNALIS.Com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut Kabupaten Selayar sebagai wilayah yang tergolong dalam kategori kerawanan tertinggi pada pelaksanaan Pilkada 2020.

Selayar ditetapkan sebagai salah satu dari dua belas kabupaten/kota penyelenggara pilkada tertinggi dari sisi kerawanan dengan presentase 54,94 persen.

Hal ini diutarakan Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin dalam uraian pengantar, rapat pleno penyerahan berita acara dan surat keputusan penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 Rabu, (23/09/2020).

Nandar menyebut, peta kerawanan pilkada menempatkan Kabupaten Selayar pada urutan pertama tertinggi, disusul Kota Makassar dengan persentase 49,65 persen.

"Peta kerawanan pilkada didasarkan pada potensi gesekan antar sesama tim sukses dan tim pemenangan, serta indikasi pelanggaran prokkes penanganan covid-19," kata Nandar.

Sungguhpun demikian, Nandar tetap optimis dan menyampaikan ajakan kepada seluruh komponen masyarakat Selayar untuk bersama-sama berikhtiar, bermunajat, dan berdoa agar prediksi kerawanan pilkada tidak sampai terjadi di Selayar.

Kepulauan Selayar dan Kota Makassar masuk dalam kategori rawan dengan masing-masing presentasi indeks kerawanannya yakni 54,93 persen dan 49,65 persen.

Kemudian, Kabupaten Barru indeks kerawanannya 17,8 persen, Bulukumba 28,2 persen, Gowa 25,6 persen, Luwu Timur 22,2 persen, Luwu Utara 7,38 persen, Soppeng 21,18 persen, Toraja 21,36 persen.

(Andi Fadly)

Type above and press Enter to search.