TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Dinkes Distribusikan Vaksin Sinovac ke Puskesmas

 Dinkes Distribusikan Vaksin Sinovac ke Puskesmas

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac ke masing-masing puskesmas, Jumat (29/1/2021).


Vaksin Sinovac itu langsung diambil di Gedung Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Sinjai Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara. Dengan membawa mobil ambulance, masing-masing puskesmas tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI. 


"Hari ini kita mulai distribusikan ke beberapa puskesmas dan mereka menjemput sendiri dengan melibatkan aparat dari Kepolisian dan TNI," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Andi Ilham Abubakar.


Dia menambahkan, vaksin serentak yang akan dilaksanakan pada Senin 1 Februari 2021 mendatang diharapkan terdistribusi semua dimasing-masing sampai pada Sabtu (30/1/) besok.


Apalagi memang, beberapa puksesmas yang jaraknya jauh dari kota akan diantarkan langsung oleh Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat aparat keamanan.


"Sinjai Barat dan Borong, itu langsung kita antarkan. Insha Allah besok didistribusikan kesana. Jadi besok semua vaksin sudah harus di distribusikan karena hari Senin itu memamg betul-betul persiapan untuk pelaksanaan secara serentak," tandasnya.


Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Fitriani  mengatakan, untuk tahap pertama penyuntikan vaksin ini adalah seluruh sumber daya manusia (SDM) kesehatan.


"Jadi bukan hanya sebatas nakes saja tetapi semua yang terlibat didalam pelayanan kesehatan seperti dokter, perawat dan nakes lainnya sampai cleaning service," ungkap Fitriani saat mengantar 3.680 dosis vaksin di Sinjai, Rabu (27/1) lalu di Gedung IFK Dinkes Sinjai.


Dikatakan, penyuntikan vaksin ini akan dilaksanakan serentak pada Senin, 1 Februari 2021 mendatang. Pasalnya, tahap pertama sesuai renacana Pemerintah Pusat sampai akhir Februari semua sumber daya manusian (SDM) kesehatan yang memenuhi syarat sudah di vaksin.


Tetapi yang pasti menurut dia, sebelum dilakukan vaksin terlebih dahulu akan dilakukan skrining kepada calon penerima vaksin, layak atau tidaknya diberikan vaksin.


Proses vaksinasi dijalankan sesuai dengan syarat-syarat medis dan standar badan kesehatan dunia (WHO). Penerima vaksin harus memenuhi beberapa persyaratan.


Laporan : Satria


Komentar0

Type above and press Enter to search.