TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

BPBD Beri Mitigasi Bencana di Desa Kanrung

 BPBD Beri Mitigasi Bencana di Desa Kanrung

INSTINGJURNALIS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai memberikan pembekalan materi kebencanaan sebagai upaya Pencegahan dalam hal kesiapsiagaan penanggulangan bencana kepada masyarakat dan aparat Pemerintah Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Sabtu (6/3/2021).


Kegiatan tersebut diselenggerakan oleh Universitas Muhammadiyah Kabupaten Sinjai sebagai Program Kuliah Kerja Nyata Karya Reguler 

yang berlangsung di Aula Kantor Desa Kanrung diikuti 50 orang peserta.


Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad dalam kesempatan ini memberikan materi 

dasar-dasar kebencanaan yang meliputi definisi, jenis jenis bencana serta manajemen kebencanaan berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana kepada seluruh masyarakat. 


Menurutnya, pemahaman tentang kebencanaan tentu juga merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas SDM dalam penanggulangan bencana, sebab dengan melalui pemahaman tentang dasar-dasar kebencanaan, maka jelas akan dapat mengurangi resiko, baik pra, saat terjadi maupun pasca bencana. 


"Mengendalikan diri agar tidak panik sangat diperlukan sebagai bagian dari pembelajaran mitigasi atau kesiapsiagaan menghadapi bencana," ucapnya.


Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana harus mendapatkan pengetahuan tentang hal tersebut. Selain itu, dengan ketenangan masyarakat dalam situasi menghadapi bencana tentu memudahkan Pemerintah, Militer, dan Lembaga-lembaga sosial dalam membantu evakuasi sampai rehabilitasi korban.


"Kami berharap seluruh peserta dapat menambah pengetahuan tentang kebencanaan, dan kemitraan berjalan sesuai dengan seharusnya sehingga sinergitas antar lembaga, lintas sektor, dapat terwujud," katanya. (*)


Laporan: Satria


Komentar0

Type above and press Enter to search.