Monev UP2K PKK di Desa Sanjai, Andi Nurhilda Puji Kelompok Usaha Anyaman Daun Lontar

7/28/2021 | 15:22 WIB

Bagikan:

 

Monev UP2K PKK di Desa Sanjai, Andi Nurhilda Puji Kelompok Usaha Anyaman Daun Lontar

INSTINGJURNALIS.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai melalui Pokja II melakukan pembinaan sekaligus Monitoring dan Evaluasi (monev) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK pada kelompok usaha anyaman daun lontar di Dusun Bisokeng, Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, Rabu (28/7/2021).


Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto yang didampingi oleh Kepala Dinas Pembersayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai Hj. Andi Hariyani Rasyid, para Pengurus PKK Sinjai serta Camat Sinjai Timur, Akbar. 


Andi Nurhilda mengatakan bahwa kegiatan UP2K sangat positif dan  memiliki peran strategis dalam rangka pemberdayaan keluarga sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga. 


"Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai sejauhmana kegiatan UP2K PKK telah dilaksanakan, sehingga dapat menjadi tolak ukur untuk TP PKK Sinjai untuk proses evaluasi demi kesempurnaan program-program kegiatan PKK," jelasnya. 


Menurut Istri Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) ini, kelompok usaha anyaman daun lontar dinilainya sudah sangat bagus dalam menghasilkan hasil karya dan produk, namun masih perlu pembinaan lebih lanjut agar produk yang dihasilkan lebih menarik lagi. 


"Didesa Sanjai ini terkenal dengan anyaman daun lontar, produk yang dihasilkan sudah bagus, sisa perlu pembinaan tambahan agar produknya lebih menarik lagi seperti pewarna, hiasan dan sebagainya. Kami dari PKK Kabupaten siap membantu, " tuturnya. 


Sementara itu Wakil Ketua Pokja II Hasmah T menyampaikan bahwa pembinaan UP2K PKK ini merupakan salah satu program ubggulan dari Pokja II PKK dengan melakukan pembinaan kepada UP2K PKK yang ada di setiap desa dan Kelurahan. 


"Seyogyanya kita lakukan di seluruh Kecamatan dan desa akan tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga hanya ada beberapa Kecamatan desa yang kita lakhlukan pembinaan dan monitoring tahun ini, " ujarnya. 


Selain melakukan Monev UP2K PKK pada kelompok usaha anyaman daun lontar di desa Sanjai, pihaknya juga akan melakukan hal serupa di kelompok usaha gula aren semut di desa Bontosinala Kecamatan Sinjai Borong dan pengrajin produk Bossara dari kayu pakis di desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo.


Editor: Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI