Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Lingkungan Pesantren, Pemkab Sinjai Berikan Pembinaan ke Santri Cara Budidaya Jagung

1/19/2022 | 21:54 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.Com--Dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Kabupaten Sinjai akan melakukan pelatihan budidaya jagung. Usaha kali ini, akan menyasar Darul Istiqamah Lappae di Kecamatan Tellulimpoe.


Kamaruddin Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DPHTP) Sinjai, menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan benih kepada beberapa Ponpes di Kabupaten Sinjai. Ada yang mendapat tiga kilogram hingga lima kilogram. 


Menurutnya, hasilnya cukup maksimal dan menjadi potensi baru di setiap Ponpes. Atas dasar itu, selain Pemerintah Sinjai akan memberikan dukungan juga pihak Ponpes meminta agar DTPHP Sinjai memberikan pembinaan kepada santrinya agar bisa melakukan budidaya jagung. 


"Saat panen kami diminta, ternyata pimpinan Ponpes meminta agar santrinya dibina untuk pengembangan selanjutnya," bebernya, Rabu (19/01/2022). 


Oleh karena itu, santri Ponpes Darul Istiqamah Lappa'e akan menjadi tempat pertama pelaksanaan pembinaan budidaya jagung. Menyusul Ponpes lainnya dengan harapan terwujud kemandirian ekonomi dari komoditas ini. 


"Kami telah melakukan komunikasi kepada Balitsereal di Maros untuk membantu dalam pengadaan bibitnya," kata Kamaruddin.






Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI